UPAYA JAMA' AH TABLIGH DALAM PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP ANAK JALANAN DI KUBU RA YA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author PRATAMA, DANIEL
dc.date.accessioned 2024-04-25T02:11:42Z
dc.date.available 2024-04-25T02:11:42Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4592
dc.description.abstract DANIEL PRATAMA. 11711098. Upaya Jama'ah Tabligh Dalam Pendidikan Islam terhadap Anak Jalanan di Kubu Raya. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Adapun latar belakang dari penelitian ini untuk melihat upaya yang telah dilakukan oleh Jama'ah Tabligh dengan memberikan Pendidikan Islam untuk mengurangi perilaku negatif, mengembalikan mereka ke fitrah (suci) dan mengubah persepsi masyarakat pada umumnya terhadap perilaku anak jalanan yang meresahkan masyarakat akibat minimnya pengetahuan dan pendidikan mereka tentang ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tahap-tahap Pendidikan Islam yang dilakukan Jama'ah Tabligh terhadap anak jalanan di Kubu Raya; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempegaruhi Jama'ah Tabligh dalam memberikan Pendidikan Islam terhadap anak jalanan di Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan memakai metode deskriptif, untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus penelitian. penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyempurnaan data, pengolahan data, analisis data, proses analisis data dan simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Jama'ah Tabligh melakukan 3 tahapan dalam memberikan Pendidikan Islam terhadap anak jalanan antara lain tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi; (2) Terdapat dua faktor yang mempengaruhi Pendidikan Islam terhadap anak jalanan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari minat, bakat dan motivasi. Sedangkan, faktor eksternal terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Anak Jalanan en_US
dc.subject Jama 'ah Tabligh. en_US
dc.title UPAYA JAMA' AH TABLIGH DALAM PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP ANAK JALANAN DI KUBU RA YA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account