dc.description.abstract |
KHALIMATUS SA’DIAH, Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik
Melalui Metode Outbond di KB PAUD Batu Begigi Mesra (BBM):Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan; 1) kemandirian peserta didik
sebelum menggunakan metode Outbond di KB PAUD Batu Mesra Kecamatan
Tanah Pinoh Kabupaten Melawi, 2) langkah–langkah penggunaan penerapan
metode outbond untuk meningkatkan kemandirian peserta di KB PAUD Batu
Begigi Mesra Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi, 3) kemandirian peserta
didik di KB PAUD Batu Begigi Mesra Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi
setelah menggunakan metode Outbond, 4) faktor – faktor yang mempengaruhi
peningkatan kemandirian peserta didik di KB PAUD Batu Begigi Mesra
Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi.
Metode penelitian ini adalah penelitian mix methods, dengan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif jenis penelitian PTK sumber datanya guru, siswa, data di
kumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumen dengan proses kerjanya
data di analisis dengan deskriptif melalui reduksi data, display data dan penarikan
kesimpulan yang di paparkan secara sistematis actual dan vaktual sedangkan data
angket di analisis dengan menggunakan presentase yang di paparkan dengan
kreteria tidak baik kurang baik cukup dan baik. yaitu dua bentuk pendekatan dalam
penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Jenis Jenis Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan yang diguanakan:
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik anlisis data yang digunakan
menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah; 1) kemandirian peserta didik sebelum
menggunakan metode Outbond di KB PAUD Batu Mesra Kecamatan Tanah Pinoh
Kabupaten Melawi 55% belum berkembang 55%, 20% mulai berkembang, 25%
berkembang sesuai dengan harapan dan 5% berkembang sangat baik. 2) langkah–
langkah penggunaan penerapan metode outbond pengamatan awal, Persiapan,
perencanaan, pelaksanaan, refleksi dengan 2 siklus, pengamatan selama 10 hari,
3) kemandirian peserta didik setelah menggunakan metode Outbond, Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 12 anak (60%), Berkembang Sangat Baik (BSB)
sebanyak 6 anak (30%), Mulai berkembang 2 anak (10%), dan belum berkembang
2 anak (10%). 4) faktor – faktor yang mempengaruhi peningkatan kemandirian
peserta didik adalah a) Internal yakni Fisikoligis dan Koginitif, b) Eksternal yakni
a) lingkungan, b) Pola Asuh dalam Keluarga, dan c) Pengalaman . |
en_US |