PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN USHULUDDIN SINGKAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author NURSYIFA, NURSYIFA
dc.date.accessioned 2024-04-18T04:02:37Z
dc.date.available 2024-04-18T04:02:37Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4571
dc.description.abstract Nursyifa. Penerapan Pendidikan Karakter Religius Santri Di Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan karakter religius di Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang, dengan fokus pada nilai-nilai keagamaan dan pembiasaan, telah terbukti efektif dalam membentuk karakter santri, menghasilkan generasi yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang baik, tetapi juga karakter religius yang kuat dan melekat dalam diri mereka. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, Untuk mengetahui pendekatan pendidikan karakter religius santri di pondok pesantren Ushuluddin Singkawang. Kedua Untuk mengetahui strategi pendidikan karakter religius santri di pondok pesantren Ushuluddin Singkawang. Ketiga Untuk mengetahui metode pendidikan karakter religius santri di pondok pesantren Ushuluddin Singkawang. Dan yang keempat Untuk mengetahui materi pendidikan karakter religius santri di pondok pesantren ushuluddin singkawang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Ustadzah pengasuh pondok dan dokumen pendukung lainnya. Teknik dan alat pengumpulan data yang dilakukan penelitian yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Selanjutnya teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangangan pengamatan, ketekunana pengamatan, dan triangulasi, Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Pendekatan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang, melalui penanaman nilai, moral kognitif, dan pengembangan rasional, menciptakan santri yang taat beragama, berintegritas moral, berpikir kritis, dan bertanggung jawab sosial, dengan potensi diadopsi oleh lembaga pendidikan lain. 2) Strategi pendidikan karakter religius di Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang, melalui pembiasaan dan keteladanan pengajar, menciptakan lingkungan mendukung untuk perkembangan karakter santri. 3) Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang menggunakan metode ceramah, pembiasaan, keteladanan, reward dan punishment, serta cooperative learning untuk membentuk karakter religius santri dan siap menghadapi tuntutan masyarakat modern. 4) Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang mengajarkan pendidikan karakter religius melalui materi perilaku Islami, Al-Quran, ibadah, dakwah, kesadaran sosial, dan seni budaya Islami. Dengan pendekatan menyeluruh, santri dibentuk menjadi individu beriman, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif. Materi terus diperbarui untuk memastikan relevansi dalam pendidikan karakter. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendidikan karakter en_US
dc.subject Religius en_US
dc.subject Santri en_US
dc.title PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN USHULUDDIN SINGKAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account