dc.description.abstract |
Asyitha Anisny, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Kandungan Surah Al-Muthaffifin Ayat 1-17 Peserta Didik Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IX B SMP Bawari Pontianak. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023/2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa peserta didik yang belum mampu mengartikan, menjelaskan, dan memberikan contoh pada isi kandungan Surah Al-Muthaffifin ayat 1-17. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu untuk : 1) Mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan pemahaman didik kelas IX SMP Bawari Pontianak terhadap surah Al-Muthaffifin ayat 1-17. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman ayat peserta didik kelas IX B SMP Bawari Pontianak setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX B yang berjumlah 30 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan data dan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dilakukan dengan 2 siklus, pada siklus I fokus pada pemahaman ayat 1-8 dan siklus II fokus pada pemahaman ayat 9-17, Peserta didik dan guru membaca secara bersama surah Al-Muthaffifin, Kemudian guru menjelaskan pengertian dan isi kandungan Surah Al-Muthaffifin, Selanjutnya guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok dan peserta didik diberikan soal tes kemudian guru membuat kesimpulan di akhir pembelajaran. 2) Terjadi peningkatan pemahaman kandungan Surah Al-Muthaffifin ayat 1-17 pada peserta didik kelas IX B. Sebelum diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 62,67 dan masuk kedalam kategori tingkat pemahaman peserta didik yaitu kurang dengan persentase 33,33% peserta didik yang memiliki nilai mencapai KKM. Namun setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Di siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 72,67 dan masuk kedalam kategori tingkat pemahaman peserta didik yaitu cukup dengan persentase 56,67% peserta didik yang memiliki nilai mencapai KKM dan di siklus II, memperoleh nilai rata-rata 85,33 dan masuk kedalam kategori tingkat pemahaman peserta didik yaitu baik dengan persentase 86,67% peserta didik yang memiliki nilai mencapai KKM |
en_US |