PERILAKU REMAJA DALAM TRANSAKSI BELANJA DI E-COMMERCE

Show simple item record

dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Bilhaq, M.Agus Muhtadi
dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.author TSURAYA, ZERA
dc.date.accessioned 2024-04-05T03:38:08Z
dc.date.available 2024-04-05T03:38:08Z
dc.date.issued 2023-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4561
dc.description.abstract ZERA TSURAYA, “Perilaku Remaja dalam Transaksi Belanja di E-Commerce”: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif remaja belanja melalui e-commerce shopee ditinjau dari perspektif konsumsi Islam. Serta, mengetahui dampak perilaku remaja belanja di e-commerce shopee terhadap norma dan etika dalam konsumsi Islam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan mixed method. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi 12 narasumber remaja di Kabupaten Sanggau Kecamatan Kapuas, sedangkan data sekunder melalui dokumen-dokumen, buku dan terbitan massa yang berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif analitik berupa reduksi data, display data, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) motif remaja belanja melalui e-commerce shopee ditinjau dari perspektif konsumsi Islam yaitu untuk memenuhi kebutuhan, untuk mendapatkan promo, dan untuk mengikutin trend. (2) terjadinya tanggal kembar memberikan keuntungan bagi remaja yang mana remaja merasakan promo-promo yang fantastis dan mendapatkan produk yang bagus dengan harga yang lebih murah dari potongan harga dari hari-hari biasanya. Dengan adanya potongan harga di e-commerce shopee pada saat tanggal kembar ini dapat membantu remaja untuk berhemat karena mereka dapat membeli produk dengan harga yang lebih rendah dari harga normalnya. Untuk remaja yang lain, fenomena promo pada saat tanggal kembar menimbulkan keinginan belanja yang begitu besar di dalam diri mereka dan menyebabkan timbulnya perilaku hedonisme. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Perilaku Remaja en_US
dc.subject E-Commerce Shopee en_US
dc.title PERILAKU REMAJA DALAM TRANSAKSI BELANJA DI E-COMMERCE en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account