dc.description.abstract |
MAWADDAH. 11914030. Hubungan Antara Sabar Dengan Perilaku Agresi
Relasional Pada Siswa Kelas 8 dan 9 MTS Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar .
Fakultas Adab dan Dakwah Ushuluddin, Program Studi Psikologi Islam, Institut
Agama Negeri (IAIN) Pontianak, 2024
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Tingkat sabar siswa
kelas 8 dan 9 di MTS Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar. (2) Tingkat perilaku agresi
relasional pada siswa kelas 8 dan 9 di MTS Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar. (3)
Apakah ada hubungan antara sabar dengan perilaku agresi relasional pada siswa
kelas 8 dan 9 di MTS Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar. Pada penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini memiliki populasi yang
digunakan adalah siswa kelas 8 dan 9 di MTS Al-Ihsan Kecamatan Batu Ampar.
Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 140 siswa. Pengambilan sampel
menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kesabaran dikembangkan
oleh Zahrotun & Layyinah (2022) dan skala Agresi Relasional yang dikembangkan
oleh Baroroh (2018).
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa dengan tingkat sabar
rendah sebanyak 18 subjek dengan persentase 12,9%, sabar dengan tingkat sedang
sebanyak 89 subjek dengan persentase 63,6% dan sabar tingkat tinggi sebanyak 33
subjek dengan persentase 23,6%. (2) siswa dengan tingkat agresi relasional rendah
sebanyak 22 orang dengan persentase 15,7%, agresi relasional sedang sebanyak 95
orang dengan persentase 67,9% dan agresi relasional tinggi sebanyak 23 orang
dengan persentase 16,4%. (3) Hasil penelitian ini menunjukkan yaitu angka
koefisien korelasi Pearson sebesar 0,179 dengan signifikan (p) sebesar 0,034, yang
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara sabar dengan perilaku agresi
relasional dengan kategori sangat rendah (r = 0,179 ; p<0,05) dan nilai koefisien
korelasi sebesar 3% sedangkan 97% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka hipotesis
dalam penelitian ini ialah Ho diterima dan Ha ditolak. |
en_US |