PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) WIDYA SIANTAN HULU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author MAISAROH, SITI
dc.date.accessioned 2024-03-19T02:54:26Z
dc.date.available 2024-03-19T02:54:26Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4515
dc.description.abstract SITI MAISAROH, 11911049. Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Reward Dan Punishment Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) WIDYA Siantan Hulu. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Guru mempunyai peran penting dalam membangkitkan semangat dan minat belajar anak. Stimulus yang diberikan guru dapat membentuk motivasi anak Dengan adanya alat pembelajaran berupa reward diharapkan dapat menimbulkan energi dalam belajar dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sedangkan dalam memberikan hukuman diharapkan dapat mendisiplinkan anak yang sedang belajar dan juga memperbaiki kesalahan anak. Tujuan penelitian ini adalah: (i), Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi melalui reward dan punishment bagi anak usia dini di PAUD Widya Siantan Hulu; (ii) Untuk mendeskripsikan apakah reward dan punishment tersebut fungsional dalam memotivasi belajar anak usia dini di PAUD Widya Siantan Hulu. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak usia dini. Lokasi penelitian di PAUD Widya Siantan Hulu. Dalam teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya yang dilakukan analisis data yakni dengan tringulasi dan member chek. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (i) peran guru dalam memotivasi melalui reward dan punishment berupa ketekunan, keuletan, minat dan perhatian, berprestasi, dan mandiri dalam belajar berhasil memotivasi belajar anak di PAUD Widya Siantan Hulu; (ii) Bentuk reward yang diberikan berupa penghargaan, hadiah dan apresiasi. Sedangkan dalam bentuk punishment berupa bentuk isyarat, bentuk kata dan bentuk perbuatan yang dipaparkan secara sistematis faktual dan kontekstual. Sehingga tampak menampilkan aspek perkembangan anak berupa agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. (iii) Batasan masalah dari peran guru dalam pemberian reward dan punishment ini dilakukan diproses pembelajaran; (iv) reward dan punishment dalam teori AGIL fungsional telah di terapkan di PAUD Widya Siantan Hulu, karena persyaratan dari keempat ini seperti adaptasi, pencapai tujuan, integrasi dan pemeliharaan pola telah dijalankan dan dipaparkan secara sistematis yang dapat mengembangkan aspek perkembangan anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Reward en_US
dc.subject Punishment en_US
dc.title PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) WIDYA SIANTAN HULU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account