PERAN GURU QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPIT AL-MUMTAZ PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fahmi, Moch. Riza
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.author RASMANIAH, EGA A’LIFIYA
dc.date.accessioned 2024-03-19T02:50:28Z
dc.date.available 2024-03-19T02:50:28Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4514
dc.description.abstract EGA A’LIFIYA RASMANIAH. Peran Guru Qur’an dalam meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di SMPIT Al-Mumtaz Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan permasalahan yang diangkat dalam pembelajaran Tahfidz Qur’an dengan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran Guru Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik dengan menguraikan gambaran tentang : Bagaimana peran Guru Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMPIT Al-Mumtaz Pontianak dan analisa faktor pendukung dan hambatan yang dialami Guru Qur’an di SMPIT Al-Mumtaz Pontianak dengan hasil di dapatkan di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif dengan jenis Studi Kasus yang memuat sumber data primer dari hasil wawancara dan observasi lapangan, serta sumber data sekunder dari hasil dokumen tertulis maupun foto. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (Pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan data dari hasil penelitian menunjukan peserta didik di SMPIT Al-Mumtaz Pontianak khususnya kelas VII dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an menunjukkan bahwa Guru Qur’an memiliki peran sebagai pendidik membimbing mereka untuk lebih baik menghafal Al-Qur’an. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran Guru Qur’an antara lain : 1) Memberikan motivasi, 2) Memberikan target hafalan, 3) Muraja’ah hafalan Al-Qur’an, 4) Menggunakan metode Ilman Wa Ruuhan, tujuan metode ini mengintegrasikan antara ilmu membaca Al-Qur’an dan penguatan ruhiyah Qur’an, 5) Waktu bebas setoran hafalan di luar pembelajaran, 6) kegiatan-kegiatan Tahfidz Qur’an, 7) Adanya koordinasi kepala sekolah Guru Qur’an. Adapun Faktor pendukung yaitu terdapatnya peserta didik yang memiliki bakat /minat dan tersedianya fasilitas dan sarana yang lengkap di sekolah, sedangkan hambatan yang dihadapi Guru Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik terdapat peserta didik malas, lupa ayat dihafal, terbatasnya waktu pembelajaran dan kurangnya kelancaran bacaan Ilmu Tajwid sedangkan solusi yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan motivasi dari Guru Qur’an, memberikan waktu lebih untuk peserta didik untuk bisa menyetorkan hafalan, memberikan kegiatan khusus untuk peserta didik yang kurang hafalan Al-Qur’annya, lebih sering mengulang hafalan Al-Qur’an dan mengevaluasi peserta didik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru Qur’an meningkatkan hafalan Al-Qur’an Peserta Didik en_US
dc.title PERAN GURU QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPIT AL-MUMTAZ PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account