dc.description.abstract |
ARIEF HIDAYAT Pelaksanaan Modul Ajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam oleh Guru pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Sistem pembelajaran Merdeka Belajar merupakan sebuah kebijakan baru untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul dan memiliki profil pelajar Pancasila. Kajian ini terfokus pada sekolah yang menerapkan merdeka belajar dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis Modul Ajar (MA).
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pendahuluan pada modul ajar oleh guru PAI di SMAN 8 Pontianak, 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan inti pada modul ajar oleh guru PAI di SMAN 8 Pontianak, 3) Bagaimana pelaksanaan kegiatan penutup pada modul ajar oleh guru PAI di SMAN 8 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian di SMAN 8 Pontianak, Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas sepuluh. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil paparan data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa; 1) Pelaksanaan kegiatan pendahuluan pada modul ajar dalam pembelajaran PAI oleh guru di SMAN 8 Pontianak terlaksana sesuai dengan modul ajar yang disusun oleh guru PAI. Namun masih ada beberapa kegiatan yang kurang terampil dilaksanakan seperti memberikan appersepsi dan memberikan motivasi awal. Dalam kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru adalah membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa, mengecek kehadiran siswa, mengecek kesiapan belajar siswa, membentuk kesepakatan kelas, memberikan motivasi awal, melakukan appersepsi, menyampaikan topik materi dan menyampaikan tujuan pembelajan. 2) Pelaksanaan kegiatan inti pada modul ajar dalam pembelajaran PAI oleh guru di SMAN 8 Pontianak terlaksana sesuai dengan modul ajar yang telah dirancang oleh guru PAI. Namun masih ada beberapa komponen yang kurang terampil dilaksanakan oleh guru seperti membentuk kelompok, membimbing siswa yang kesulitan belajar. Dalam pelaksanaan kegiatan inti guru melakukannya dengan memberikan pertanyaan pemantik, mengkonsepkan pembelajaran, membentuk, membimbing siswa yang kesulitan belajar, menilai demonstrasi siswa, membimbing siswa membuat kesimpulan, memberikan penugasan mandiri. 3) Pelaksanaan kegiatan penutup pada modul ajar dalam Pembelajaran PAI oleh guru di SMAN 8 Pontianak terlaksana sesuai dengan modul ajar yang telah disusun oleh guru PAI, dalam kegiatan penutup guru melakukan, refleksi pembelajaran, menyampaikan sumber referensi, menyampaikan kegiatan lanjutan, memberikan motivasi, mengakhiri pembelajaran yakni berdoa dan mengucapkan salam. |
en_US |