dc.description.abstract |
TAMARA JUNIDAR (11915061) “Pengaruh Media Sosial, Entrepreneurial Passion dan Entrepreneurial Effort Terhadap Pengelolaan Usaha Buket di Kota Pontianak”. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Di zaman dimana segala sesuatunya menggunakan media sosial dan seorang pebisnis atau wirausahawan harus mampu bersaing dengan pebisnis lain untuk menawarkan keunggulan demi keuntungan dalam mencapai keberhasilan usahanya. Usaha rumahan merupakan salah satu jenis umkm dan saat ini jumlah umkm sangat besar dan menempati posisi yang dominan. Peran entrepreneurial passion bagi para wirausaha baru semakin penting, karena memulai bisnis baru adalah proses yang panjang dan sulit yang membutuhkan usaha terus menerus dari pengusaha dalam mencapai keberhasilan usaha mereka. Selain Itu, wirausaha juga membutuhkan upaya (effort) yang sungguh-sungguh untuk kesuksesan memulai usaha baru. Entrepreneurial effort (upaya wirausaha) sendiri adalah upaya yang digunakan karyawan untuk menyelesaikan tugas kerja yang dibebankan sesuai dengan standart kerja yang telah ditetapkan oleh organisasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Media Sosial Terhadap Keberhasilan Usaha Buket Di Kota Pontianak, (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Entrepreneurial Passion Terhadap Keberhasilan Usaha Buket Di Kota Pontianak, (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Entrepreneeurial Effort Terhadap Keberhasilan Usaha Buket Di Kota Pontianak, Dan (4) Untuk Mengetahui Pengaruh Media Sosial, Entrepreneurial Passion dan Entrepreneurial Effort Terhadap Keberhasilan Usaha Buket Di Kota Pontianak.
Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Bentuk data yang dipakai dalam data kuantitatif merupakan data cross section, Dalam pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan Teknik Sampel Jenuh (Total Sampling). Alasan menggunakan seluruh populasi menjadi sampel adalah dikarenakan mewakili seluruh populasi yang berjumlah 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan metode skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhassilan usaha, entrepreneurial passion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, entrepreneurial effort berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, kemudian media sosial, entrepreneurial passion dan entrepreneurial effort secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. |
en_US |