RESPON BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SLOW LEARNER TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI SLB AUTIS KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Andrian, Bob
dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Amalia, Kiki
dc.contributor.author PERTIWI, IRA NORMA
dc.date.accessioned 2024-03-14T02:10:48Z
dc.date.available 2024-03-14T02:10:48Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4491
dc.description.abstract IRA NORMA PERTIWI. NIM 11836016. Analisis Respon Belajar dan Interaksi Sosial Peserta Didik Slow Learner Terhadap Proses Pembelajaran Kelas Tinggi di SLB Autis Kalimantan Barat. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Program Studi Psikologi Islam (PI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mendeskripsikan respon belajar siswa slow learner terhadap proses pembelajaran kelas tinggi SLB Autis Kalimantan Barat. (2) Untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa slow learner kelas tinggi di SLB Autis Kalimantan Barat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskripsi. Sumber data pada penelitian ini sumber data utamanya terdiri dari empat orang peserta didik, narasumber dua orang guru yaitu wali kelas kelas 4 dan 6, dan sumber data pendukung yaitu orang tua peserta didik. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka hasil penelitian ini menunjukkan (1) Respon belajar peserta didik slow learner kelas tinggi pada proses pembelajaran di SLB Autis Kalimantan Barat, dapat diketahui respon belajar keempat peserta didik belum baik, siswa membutuhkan waktu yang lama dalam belajar menulis, berhitung dan membaca, konsentrasi siswa rendah, siswa juga belum bisa inisiatif dalam melakukan suatu hal. (2) Interaksi sosial peserta didik slow learner yaitu keempat peserta didik mampu berinteraksi dengan baik dan membaur dengan teman-teman sekelasnya, tetapi dengan orang baru keempat peserta didik sangat malu dan tidak percaya diri. Ditemukan pola kerja sama dalam kelompok, namun tidak ditemukan adanya persaingan yang terlihat di dalam kelas. Konflik atau pertikaian peserta didik muncul karena ada beberapa siswa yang suka mengganggu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Respon Belajar en_US
dc.subject Interaksi Sosial en_US
dc.subject Slow Learner en_US
dc.subject Proses Pembelajaran en_US
dc.title RESPON BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SLOW LEARNER TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI SLB AUTIS KALIMANTAN BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account