dc.description.abstract |
PUTRI MIFTA MAHARANI, Peran Guru Fiqih Dalam Memotivasi
Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak Tahun
Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam
(PAI)Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2023
Tujuan Penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui cara guru fiqih
memberikan motivasi kepada siswa kelas VIIC pada mata pelajaran fiqih di
kegiatan awal. (b) Untuk mengetahui cara guru fiqih memberikan motivasi kepada
siswa kelas VIIC pada mata pelajaran fikih di kegiatan inti. (c) Untuk mengetahui
cara guru fiqih memberikan motivasi kepada siswa kelas VIIC pada mata
pelajaran fiqih di kegiatan awal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan data di lapangan, maka diadakan
pemeriksaan validitas data dengan teknik: (a) Perpanjangan pengamatan, (b)
Ketekunan pengamatan, (c) Triangulasi dan (d) pemeriksaan sejawat melalui
diskusi.
Hasil penelitian ini adalah: (a) Peran guru fiqih dalam memotivasi belajar
siswa dalam pembelajaran fiqih kelas VIIC di kegiatan awal pembelajaran, bahwa
guru fiqih berperan: 1) Memberi Bimbingan, 2) Menciptakan Suasana Kelas Yang
Kondusif dan Menyenangkan, 3) memberikan ice breaking. (b) Peran guru fiqih
dalam memotivasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih kelas VIIC di kegiatan
inti pembelajaran, bahwa guru fiqih: memberikan penguat disetiap penjelasan di
kegiatan iti pembelajaran (c) Peran guru fiqih dalam memotivasi belajar siswa
dalam pembelajaran fiqih kelas VIIC di kegiatan akhir pembelajaran, bahwa guru
fiqih : memberikan refleksi dan motivasi di kegiatan akhir. |
en_US |