KESULITAN SISWA TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA -TUNAGRAHITA (C) DHARMA ASIH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author RAHMADANI, ARSIH
dc.date.accessioned 2024-03-13T00:41:21Z
dc.date.available 2024-03-13T00:41:21Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4437
dc.description.abstract Arsih Rahmadani (11901120) Kesulitan Siswa Tunagrahita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa - Tunafrahita (C) Dharma Asih Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kesulitan membaca yang dihadapi oleh Siswa Tunagrahita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak. 2) Kesulitan menulis Siswa Tunagrahita dalam mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak. 3) Kesulitan penyesuaian diri Siswa Tunagrahita dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak. Latar Belakang Pada siswa tunagrahita di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak tentunya memiliki kesulitan dalam pembelajaran, dari segi pemahaman hingga penerapan. Dengan memiliki latar belakang keterbatasan mental pada siswa tunagrahita, maka penyelenggara pendidikan harus mengetahui bagaimana kesulitan tersebut. Oleh karena itu kesulitan yang di hadapi oleh siswa serta guru yang mengajar berpengaruh dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu empat guru PAI dan satu guru Khusus Terapi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi sumber, menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Kesulitan membaca yang dihadapi oleh Siswa Tunagrahita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak yaitu dipengaruhi oleh latar belakang fisik seperti penglihatan, mental serta intelektual siswa tunagrahita hingga sulit untuk mengingat, sulit konsisten, dan seringnya berimajinasi yang mempengaruhi pembelajaran khususnya membaca al-qur’an, hafalan surah pendek hingga bacaan doa shalat fardhu. 2) Kesulitan menulis siswa tunagrahita dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak, siswa tunagrahita ringan di SMPLB-C lebih dominan kesulitan menggunakan tanda baca yang tidak benar saat menulis, salah dalam mengartikan pertanyaan yang diberikan, sulit menulis hanya angka satu sampai sepuluh dan masih kesulitan menulis nomor dalam bentuk tulisan Arab, tidak konsisten dalam membuat tulisan yang bervariasi dan huruf hijaiyyah dalam kemiringan huruf dan ukuran tulisan, jarak antar-kata tidak konsisten dan lamban dalam menulis. Sedangkan untuk siswa tunagrahita klasifikasi sedang secara keseluruhan sangat kesulitan dalam menulis, iii hanya bisa menulis titik dan garis putus-putus. 3) Kesulitan penyesuaian diri Siswa Tunagrahita dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Dharma Asih Pontianak, anak tunagrahita mengalami masalah dalam hal penyesuaian diri yaitu kesulitan apabila berhubungan dengan sholat berjamaah seluruh siswa tunagrahita hanya sekedar mengikuti gerakan shalat tanpa benar-benar hafal dengan bacaan shalat dan sambil bermain sendiri bahkan mengganggu sesama temannya hal ini dipengaruhi oleh kecerdasan yang di bawah rata-rata. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kesulitan, en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Islam en_US
dc.subject Tunagrahita en_US
dc.title KESULITAN SISWA TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA -TUNAGRAHITA (C) DHARMA ASIH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account