HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAME ONLINE PADA HASIL BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH MAMBAUL ULUM II

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Utimadini, Nindya Juwita
dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Wahidah, Nurul
dc.contributor.author HANDOKO, HANDOKO
dc.date.accessioned 2024-03-08T08:52:37Z
dc.date.available 2024-03-08T08:52:37Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4434
dc.description.abstract HANDOKO, Hubungan Motivasi Belajar Dan Game Online Pada Hasil Belajar Di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum II: Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Jurusan Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2023. Hampir setiap para pemain game online adalah anak atau remaja yang sedang menerima pendidikan, setiap anak hampir saja menyukai game online. Sebuah permainan game online memberikan pengaruh yang besar bagi siapapun yang memainkannya karena akan menimbulkan pengaruh dalam proses akademik atau pembelajaran terhadap motivasi belajar dan pastinya akan ada nilai negatif dan positifnya. Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, karena apabila siswa berpedoman pada dimensi-dimensi motivasi maka akan menimbulkan hasil belajar yang sangat baik bagi siswa. Salah satu indikator hasil belajar yang berkualitas adalah perolehan keterampilan yang maksimal oleh siswa, baik itu keterampilan dalam bentuk kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat korelasi dengan tiga variabel dengan analisis deskriptif dan analisis korelasional berganda. Adapun sampel yang digunakan yaitu siswa madrasah aliyah mambaul ulum II sebanyak 43 orang. Hasil uji statistik dari penelitian ditemukan adanya hubungan yang signifikan terhadap variabel motivasi belajar dan game online pada hasil belajar, yang berarti bahwa hipotesis yang di ajukan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel motivasi belajar dan game online dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan diperolehnya nilai (r) sebesar 0,851 dengan signifikansi 0,000. Sumbangan yang diberikan oleh motivasi belajar dan game online terhadap hasil belajar adalah sebesar 85,1%, dan sisanya sebesar 14,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti sehingga HA diterima dan H0 ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Game Online en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAME ONLINE PADA HASIL BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH MAMBAUL ULUM II en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account