KESABARAN GURU SAAT BERINTERAKSI DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Syifa, Abdullah
dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Amalia, Kiki
dc.contributor.author LESTARI, AYU
dc.date.accessioned 2024-03-04T07:59:17Z
dc.date.available 2024-03-04T07:59:17Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4408
dc.description.abstract AYU LESTARI, 11836068 Kesabaran guru saat berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Autis Kalimantan Barat: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesabaran Guru Saat Berinteraksi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Autis Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber penelitian ini terdiri dari sumber primer dan skunder. Sumber data primer di dapat dari guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa Autis Kalimntan Barat. Sumber data skunder adalah berupa arsipan serta dokumen-dokumen dari pihak sekolah yang berkaitan dengan data penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) Wawancara; (2) Observasi; (3) Dokumentasi. Data yang didapatkan di analisis dengan cara: (1) Pengumpulan Data; (2) Reduksi Data; (3) Penyajian Data; dan (4) Penarikan Kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan cara Trianggulasi dan mengadakan member check. Berdasarkan hasil penelitian skripsi yang berjudul kesabaran guru saat berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Autis Kalimantan Barat dapat disimpulkan bahwa: (1) adapun guru yang bertugas mengajar anak berkebutuhn khusus bahwasanya sudah menerapkan kesabaran kepada anak, hal ini dapat diperkuat dengan hasil pengumpulan data penelitian yaitu dari keterbatasan jumlah guru yang mengajar dengan jumlah anak berkebutuhan khusus sebagai siswa yang diajar tidak seimbang sehingga seringkali guru mengalami kesulitan dalam mengendalikan anak, namun guru tetap menerapkan sikap sabar dalam menghadapi berbagai karakteristik anak yang berbeda-beda dalam berperilaku dan bertindak; (2) Penerapan kesabaran pada guru saat proses interaksi berlangsung dengan anak berkebutuhan khusus yaitu dengan bersikap sabar, mengendalian diri, ikhlas menerima kenyataan, serta bersikap tenang dalam menyesuaikan situasi dan kondisi di ruang lingkup sekolah luar biasa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kesabaran en_US
dc.subject guru en_US
dc.subject interaksi, en_US
dc.subject anak berkebutuhan khusus en_US
dc.title KESABARAN GURU SAAT BERINTERAKSI DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTIS KALIMANTAN BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account