dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan. Pada
observasi awal, peneliti menemukan masih banyak mahasiswa ekonomi yang
beragama islam lebih memilih untuk menggunakan bank konvensional daripada bank
syariah. Kurangnya minat mahasiswa ekonomi yang beragama islam untuk
menggunakan bank syariah disebabkan banyak faktor diantaranya literasi keuangan
syariah, islamic branding, dan religiusitas sehingga tujuan dari penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat menjadi nasabah bank
syariah, mengetahui pengaruh Islamic branding terhadap minat menjadi nasabah bank
syariah, mengetahui pengaruh religiusitas terhadap minat menjadi nasabah bank
syariah, dan Mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, islamic branding, dan
religiusitas secara simultan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi universitas negeri di Kalimantan Barat.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan teknik
simple random sampling. Metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas,
analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear
berganda menggunakan software pengolah data SPSS 24.
Hasil pengolahan data pada uji validitas dan reliabilitas menghasilkan
instrumen data yang valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik, data berdistribusi
normal, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas, dan tidak terjadi multikolinieritas pada
setiap variabel. Pada analisis regresi linear berganda menunjukkan arah pengaruh
variabel X1, X2, dan X3 terhadap Y adalah positif. Pada uji hipotesis, uji t (parsial)
menghasilkan kesimpulan H0 diterima dan H1 ditolak pada variabel X1, H0 ditolak dan
H1 diterima pada variabel X2 dan X3. Uji F (simultan) menghasilkan kesimpulan
variabel X1, X2, dan X3 berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y. uji koefisien
determinasi (R2) menghasilkan nilai R square adalah 0,794.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh
positif dan tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. Sedangkan
variabel lain yaitu islamic branding dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
juga bahwa variabel literasi keuangan syariah, islamic branding, dan religiusitas
berpengaruh secara simultan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. |
en_US |