PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARI’AH, ISLAMIC BRANDING, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.author Widjayadi, Hafiz Akbar
dc.date.accessioned 2023-10-25T02:12:00Z
dc.date.available 2023-10-25T02:12:00Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4120
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan. Pada observasi awal, peneliti menemukan masih banyak mahasiswa ekonomi yang beragama islam lebih memilih untuk menggunakan bank konvensional daripada bank syariah. Kurangnya minat mahasiswa ekonomi yang beragama islam untuk menggunakan bank syariah disebabkan banyak faktor diantaranya literasi keuangan syariah, islamic branding, dan religiusitas sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah, mengetahui pengaruh Islamic branding terhadap minat menjadi nasabah bank syariah, mengetahui pengaruh religiusitas terhadap minat menjadi nasabah bank syariah, dan Mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, islamic branding, dan religiusitas secara simultan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi universitas negeri di Kalimantan Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda menggunakan software pengolah data SPSS 24. Hasil pengolahan data pada uji validitas dan reliabilitas menghasilkan instrumen data yang valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik, data berdistribusi normal, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas, dan tidak terjadi multikolinieritas pada setiap variabel. Pada analisis regresi linear berganda menunjukkan arah pengaruh variabel X1, X2, dan X3 terhadap Y adalah positif. Pada uji hipotesis, uji t (parsial) menghasilkan kesimpulan H0 diterima dan H1 ditolak pada variabel X1, H0 ditolak dan H1 diterima pada variabel X2 dan X3. Uji F (simultan) menghasilkan kesimpulan variabel X1, X2, dan X3 berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y. uji koefisien determinasi (R2) menghasilkan nilai R square adalah 0,794. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. Sedangkan variabel lain yaitu islamic branding dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan juga bahwa variabel literasi keuangan syariah, islamic branding, dan religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Literasi Keuangan Syariah en_US
dc.subject Islamic Branding en_US
dc.subject Religiusitas en_US
dc.subject Minat en_US
dc.title PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARI’AH, ISLAMIC BRANDING, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Universitas Negeri di Kalimantan Barat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account