dc.description.abstract |
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh
dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulai. Data yang di dapat
adalah hasil wawancara peneliti bersama masyarakat sekaligus nasabah
Bank Syariah Indonesia.
Setelah melakukan pengumpulan data, kemudian dianalisis dengan
teori persepsi dan maqashid syariah. Pendekatan deskriptif kualitatif
digunakan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana persepsi
masyarakat muncul setelah tutupnya Unit BSI dengan melibatkan
masyarakat nasabah BSI atau pihak bank itu sendiri.
Argumentasi didalam penelitian ini ialah pola persepsi dapat terjadi
setelah adanya perubahan yang signifikan pada sebuah institusi perbankaan
tentunya seperti yang terjadi di beberapa waktu lalu pada unit Bank Syarah
Indonesia di Tanjung Raya II ini yang tiba-tiba tutup. Kondisi seperti ini
akan menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran untuk para nasabah serta
akan membuat citra BSI turun dimata masyarakat, karena dinilai tidak
memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah mereka.
Hasil penelitian ini menunjukan 1) masyarakat Tambelan Sampit
memiliki Persepsi positif terhadap Bank Syariah Indonesia (BSI). Mereka
merasa bahwa BSI dapat mempermudah dan mempercepat transaksi serta
sudah terjamin keselamatan dalam beragama. Keberadaan BSI yang dekat
dengan lokasi rumah mereka juga sangat membantu dalam menghemat
waktu dan efisiensi. 2) Masyarakat muslim di Tanjung Raya II cenderung
menyambut baik keberadaan bank syariah. Masyarakat merasa nyaman
karena transaksi perbankaan dilakukan tanpa melibatkan riba(bunga) yang
dianggap bertentangan dengan ajaran agama. Namun, terdapat kekurangan
dari BSI yaitu penutupan tiba-tiba unit kantor tanpa alasan yang jelas. Hal
ini membuat masyarakat terkejut dan merasa sedikit terganggu karena untuk
transaksi lainnya mereka harus pergi ke kantor BSI cabang lain nya yang
lebih jauh. |
en_US |