dc.description.abstract |
Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya
pengembangan kompetensi guru madrasah di Pondok Pesantren Darul
Ulum dalam merespon Revolusi Industri 4.0. Peneliti menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan saintifik. Data dan sumber data
di dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi dua data yang bersifat umum
di antaranya Primer dan Sekunder. Pengumpulan data menggunakan
tiga metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun
teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kebijakan
pimpinan pondok pesantren dan kepala madrasah dalam meningkatkan
kompetensi guru era industri 4.0. 2) kompetensi guru madrasah di pondok
pesantren Darul Ulum Kubu Raya era industri 4.0 yaitu kompetensi
pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi
kepribadian. 3) adapun dampak positif bagi pondok pesantren Darul
Ulum dalam mengembangkan kompetensi guru madrasah era industri
4.0 di pondok pesantren Darul Ulum yaitu meningkatnya jumlah santri
pondok pesantren Darul Ulum, meningkatnya prestasi siswa-siswi
sampai ke tingkat nasional, guru lebih menguasai teknologi, menjadikan
pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan untuk peserta didik,
penerapan teknologi canggih dengan aplikasi IDU (Idarah Darul Ulum)
dan guru bisa merancang pembelajaran dengan menggunakan metode
pembelajaran berbasis teknologi. |
en_US |