PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.author Maulana, Umi
dc.date.accessioned 2023-10-20T07:33:24Z
dc.date.available 2023-10-20T07:33:24Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4075
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan keterampilan guru akidah akhlak dalam melakukan kegiatan membuka pembelajaran di MAN 3 Pontianak; 2) Pelaksanaan keterampilan guru akidah akhlak dalam melakukan kegiatan menutup pembelajaran di MAN 3 Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer berupa wawancara dengan guru mata pelajaran akidah akhlak serta siswa yang turut serta belajar di MAN 3 Pontianak. Sumber sekunder berupa dokumentasi data arsip sekolah.Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan keterampilan guru akidah akhlak dalam membuka dan menutup pembelajaran di MAN 3 Pontianak dilaksanakan sebagai berikut: 1) komponen yang dilaksanakan guru akidah akhlak dalam kegiatan membuka pembelajaran terdiri dari: a) kegiatan orientasi guru membangkitkan perhatian siswa dengan variasi intonasi suara, namun media pembelajaran yang digunakan masih bersifat monoton, b) kegiatan apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai isi materi yang telah diajarkan sebelumnya kemudian mengaitkan materi ajar c) memberikan motivasi dilakukan guru dengan cara memberikan kalimat penyemangat bagi siswa namun keadaan kelas yang kurang kondusif membuat tidak ada suasana kehangatan dan antusias yang ditimbulkan, d) memberi acuan guru masih kurang dalam menjelaskan tujuan serta langkah pembelajaran. 2) Komponen yang dilaksanakan guru akidah akhlak dalam kegiatan menutup pembelajaran terdiri dari: a) meninjau kembali (review) lakukan dengan mengajak siswa untuk merangkum inti materi, b) mengevaluasi meminta siswa mengerjakan tugas, c) umpan balik (feedback) menyimpulkan seluruh materi yang telah dibahas, d) tindak lanjut (follow up) memberikan tugas rumah kepada siswa, e) memberikan motivasi dan dorongan sosial kepada siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan Keterampilan Guru en_US
dc.subject Kegiatan Membuka Pembelajaran en_US
dc.subject Kegiatan Menutup Pembelajaran en_US
dc.title PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account