dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan
siswa kelas VI dalam membaca Al-Qur‟an di MIS Nurul Hasanah Parit
Baru; 2) Penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar membaca AlQur‟an; dan 3) Mengetahui strategi yang diberikan guru mata pelajaran AlQur‟an Hadits untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa kelas VI dalam
belajar membaca Al-Qur‟an. Untuk menjawab tujuan penelitian ini, peneliti
menggunakan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan) dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data berupa reduksi data, display data (penyajian data), dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca AlQur‟an siswa kelas VI, yaitu: 7 siswa lancar dalam membaca Al-Qur‟an, 13
siswa memiliki kemampuan sedang, 13 siswa lainnya masih terbata-bata
karena masih belajar Iqro’, serta 3 siswa yang tidak bisa membaca AlQur‟an sama sekali/buta huruf Al-Qur‟an. 2) Faktor penyebab siswa
mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur‟an adalah tidak ada minat dan
dukungan dari orang tua. 3) Strategi yang digunakan guru Al-Qur‟an Hadits
untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa, yaitu:
mengajak siswa aktif saat proses pembelajaran, menciptakan suasana yang
menyenangkan, mengajak siswa membaca surah atau Hadits yang dipelajari
bersama, tidak membandingkan siswa, dan memberikan pujian pada siswa
yang berprestasi. |
en_US |