KOLABORASI GURU PAI DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU INDISIPLINER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH KHULAFAUR RASYIDIN TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Febrina, Safa Alsya
dc.date.accessioned 2023-10-20T01:35:29Z
dc.date.available 2023-10-20T01:35:29Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4061
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kedisiplinan yang terjadi di Madrasah Aliyah Khulafaur Rasyidin seperti: terlambat sekolah, bolos, dan bullying, masih menjadi permasalahan yang sering terjadi di sekolah. Maka dari itu diperlukannya kolaborasi antara guru PAI dengan guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani permasalahan peserta didik untuk memudahkan kedua belah pihak menemukan solusi yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses saling bertukar informasi yang dilakukan guru PAI dengan guru Bimbingan dan Konseling 2) Untuk mengetahui bagaimana koordinasi yang dilakukan guru PAI dengan guru Bimbingan dan Konseling dalam kolaborasi terkait perilaku indisipliner peserta 3) Untuk mengetahui bagaimana wadah kerjasama untuk menampung permasalahan perilaku indisipliner peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman yaitu: pengaumpulan data, reduksi data, penyejian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan tringulasi data dan member check Berdasarkan data dan hasil analisis, hasil penelitian disimpulkan yaitu: 1) Saling bertukar informasi mengenai data peserta didik yang melakukan perilaku indisipliner membolos, tidur saat pembelajaran, tidak memakai atribut sekolah lengkap dan lain sebagainya. Mengadakan rapat, melakukan diskusi, dan bertukar pendapat untuk menemukan solusi dalam menangani perilaku indisipliner peserta didik. 2) Koordinasi yang dilakukan guru PAI dengan guru Bimbingan dan Konseling dalam kolaborasi terkait perilaku indisipliner peserta didik yaitu: Guru PAI memberikan nasehat, teguran dan motivasi dengan mengaitkan dengan nilainilai agama dan menekankan peserta didik untuk menerapkan akhlak karimah. Guru BK memberikan layanan bimbingan dan Konseling, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi peserta didik contonya dalam permasalahan disiplin, menentukan karir dan lain sebagainya. 3) Wadah kerjasama untuk menampung permasalahan perilaku indisipliner: Tempat menampung permasalahan perilaku indisipliner peserta didik membolos, tidur saat pembelajaran, tidak memakai atribut sekolah lengkap. Sebagai tempat diskusi, pencarian solusi dan bertukar pendapat untuk menemukan solusi dan menyelesaikan permasalahan perilaku indisipliner peserta didik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kolaborasi en_US
dc.subject Perilaku Indisipliner en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Guru BK en_US
dc.title KOLABORASI GURU PAI DENGAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU INDISIPLINER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH KHULAFAUR RASYIDIN TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account