dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Komponenkomponen kegiatan membuka dan menutup pembelajaran yang belum di
lakukan oleh guru PAI. 2) Bagaimana keterampilan Guru PAI dalam
membuka dan menutup pembelajaran. Untuk menjawab tujuan penelitian
yang tertera di atas, peneliti menggunakan penelitian metode kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik observasi,
wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangakan teknik analisi data
berupa teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1) Guru PAI SMPI
Tahfizhul Qur’an Belum sempurna melakukan komponen keterampilan
Membuka dan Menutup pembelajaran di Kelas. Komponen yang belum
di laksanakan yaitu, komponen membuat kaitan materi minggu lalu,
komponen menarik kesimpulan, komponen memberikan tugas rumah. 2)
komponen membuka pelajaran. (a) menarik perhatian siswa. Guru
terkadang menaikkan volume suara ketika membuka pelajaran dan
melakukan kegiatan yang membuat siswa semangat untuk memulai
pelajaran. (b) menimbulkan motivasi belajar siswa, guru terkadang
menggunakan media pembelajaran yang menarik dan yang siswi sukai,
contohnya menggunakan media media pembelajaran berupa gambar dan
terkadang menggunakan proyektor. (c) memberikan acuan yang akan di
sampaikan. Guru PAI membacakan judul besar yang ada di LKS tentang
materi yang akan di pelajari. (d) mengemukakan batas-batas pokok. Guru
terkadang meminta siswa untuk membaca terlebih dahulu yang ada di
LKS yang akan di pelajari hari itu. 3) komponen kegiatan menutup
pemebalajaran. (a) mereviuw materi yang telah di sampaikan. Guru
memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa materi apa yang di kurang
pahaminya. (b) memberikan latihan guru memberikan latihan tanya jawab
yang ada di LKS Msing-masing siswa. dan terkadang guru juga
memberikan pertanyaan secara langsung kepada siswa. |
en_US |