dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi meningkatkannya kemampuan menghafal Al-Qur'an santriwati Pondok Pesantren Assalafy Assalam Pontianak. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan persiapan penerapan metode wahdah dalam kegiatan Tahfidz Al-Qur'an pada santriwati di pondok pesantren assalafy assalam Pontianak 2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode wahdah dalam kegiatan tahfidz Al-Qur'an pada santriwati di Pondok Pesantren Assalafy Assalam Pontianak, 3) mendeskripsikan evaluasi penerapan metode wahdah dalam kegiatan tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Assalafy Assalam Pontianak.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Analisis penelitian lapangan. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah, sumber data penelitian ini adalah 2 (dua) santriwati tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Assalafy Assalam Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsaan data menggunakan trigulasi sumber dan trigulasi teknik.
Hasil analisis data dari 1) mendeskripsikan persiapan penerapan metode wahdah dalam kegiatan Tahfidz Al-Qur'an pada santriwati di Pondok Pesantren Assalafy Assalam Pontianak menunjukkan bahwa telah terlaksana dan tercapai. Pelaksanaan metode wahdah diawali dengan perbaikan bacaan, kemudian setelah bacaannya cukup baik maka dilanjutkan dengan menghafal satu persatu ayat hingga mencapai satu halaman. Setelah itu hafalan tersebut disetorkan. 2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode wahdah dalam kegiatan tahfidz Al-Qur'an pada santriwati di Pondok Pesantren Assalafy Assalam Pontianak bahwa sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperlukan suatu langkah-langkah penerapan metode wahdah yang matang dan terencana guna untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tujuan yang dimaksud adalah untuk menciptakan santri yang mempunyai kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan baik. 3) mendeskripsikan evaluasi penerapan metode wahdah dalam kegiatan tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Assalafy Assalam Pontianak,menggunakan metode wahdah dalam kegiatan tahfidz Al-Qur’an untuk mempermudah dalam menghafal ayat Al-Qur’an. Metode wahdah adalah salah satu penyebab keberhasilan para santri dalam menghafal Al-Qur’an, sebab tanpa metode yang tepat maka belum tentu keberhasilan tersebut bisa dirasakan oleh seluruh santri. |
en_US |