STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM PENANAMAN NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI MATERI TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VI SDN 11 MUNGGU KABUPATEN LANDAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Suhardiman, Suhardiman
dc.contributor.author Ayu, Nyemas Dinny Citra
dc.date.accessioned 2023-10-19T03:07:40Z
dc.date.available 2023-10-19T03:07:40Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4051
dc.description.abstract Skripsi ini memiliki tiga tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi perencanaan guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama melalui materi toleransi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti siswa kelas VI di SDN 11 Munggu Kabupaten Landak; 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pelaksanaan guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama melalui materi toleransi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti siswa kelas VI di SDN 11 Munggu Kabupaten Landak; 3) Untuk mengetahui strategi evaluasi guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama melalui materi toleransi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti siswa kelas VI di SDN 11 Munggu Kabupaten Landak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian terletak di SDN 11 Munggu Kabupaten Landak. Sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Untuk pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun data hasil analisis yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa; Strategi pembelajaran guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama pada siswa SDN 11 Munggu Kabupaten Landak, 1) Strategi perencanaan guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama yaitu merancang silabus dan RPP; 2) Strategi pelaksanaan guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama melalui kegiatan pendahuluan guru menyampaikan materi serta tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran; kemudian melalui kegiatan inti guru menggunakan strategi pembelajaran langsung (direct intsruction) yang meliputi penyampaian materi dikelas dan nasihat, selain itu guru juga menggunakan strategi pembelajaran tidak langsung (indirect isntruction) yang meliputi pemecah masalah dan diskusi, selanjutnya guru menggunakan strategi pembelajaran melalui pengalaman (experiental learning) yang meliputi pengalaman nyata; Selanjutnya melalui kegiatan penutup guru memberikan refleksi; 3) Strategi evaluasi guru PAI dalam penanaman nlai moderasi beragama dilaksanakan kegiatan supervisi evaluasi pembelajaran guru dan penilaian sasaran kinerja pegawai (SKP). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject strategi pembelajaran en_US
dc.subject nilai-nilai moderasi beragama en_US
dc.title STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM PENANAMAN NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI MATERI TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VI SDN 11 MUNGGU KABUPATEN LANDAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account