dc.description.abstract |
Skripsi ini memiliki tiga tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui bagaimana
strategi perencanaan guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama melalui
materi toleransi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti siswa kelas VI di SDN
11 Munggu Kabupaten Landak; 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi
pelaksanaan guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama melalui materi
toleransi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti siswa kelas VI di SDN 11
Munggu Kabupaten Landak; 3) Untuk mengetahui strategi evaluasi guru PAI dalam
penanaman nilai moderasi beragama melalui materi toleransi pada mata pelajaran
PAI dan budi pekerti siswa kelas VI di SDN 11 Munggu Kabupaten Landak.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (Field Research). Lokasi penelitian terletak di SDN 11 Munggu
Kabupaten Landak. Sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan
sekunder. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Untuk pemeriksaan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun data hasil analisis yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa;
Strategi pembelajaran guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama pada
siswa SDN 11 Munggu Kabupaten Landak, 1) Strategi perencanaan guru PAI
dalam penanaman nilai moderasi beragama yaitu merancang silabus dan RPP; 2)
Strategi pelaksanaan guru PAI dalam penanaman nilai moderasi beragama melalui
kegiatan pendahuluan guru menyampaikan materi serta tujuan yang akan dicapai
dalam pembelajaran; kemudian melalui kegiatan inti guru menggunakan strategi
pembelajaran langsung (direct intsruction) yang meliputi penyampaian materi
dikelas dan nasihat, selain itu guru juga menggunakan strategi pembelajaran tidak
langsung (indirect isntruction) yang meliputi pemecah masalah dan diskusi,
selanjutnya guru menggunakan strategi pembelajaran melalui pengalaman
(experiental learning) yang meliputi pengalaman nyata; Selanjutnya melalui
kegiatan penutup guru memberikan refleksi; 3) Strategi evaluasi guru PAI dalam
penanaman nlai moderasi beragama dilaksanakan kegiatan supervisi evaluasi
pembelajaran guru dan penilaian sasaran kinerja pegawai (SKP). |
en_US |