dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Satu, bagaimana bentuk implementasi
model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi “Meneladani Sifat-sifat
Mulia Para Rasul”; dua, apakah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bisa
meningkatkan kognitif siswa pada materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul” mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai Raya. Adapun tujuan dari
skripsi ini adalah untuk: Satu, mengetahui bagaimana bentuk implementasi model
pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para
Rasul”; dua, mengetahui apakah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bisa
meningkatkan kognitif siswa pada materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul” mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai Raya.
Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen dengan desain Quasy Eksperimental bentuk Non Equivalen Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai
Raya yang terdiri dari 6 kelas, kemudian dilakukan teknik purposive sampling diperoleh
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VIII B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data, hasil perhitungan persentase nilai kognitif siswa
yang mempengaruhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelas eksperimen,
ketuntasan nilai pre-test post-test mengalami peningkatan sebesar 84,38%, sedangkan pada
kelas kontrol sebesar 75% dengan selisih sebesar 9,38%. Kemudian dari hasil analisis nilai
rata-rata pre-test post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan rerata sebesar 19,38,
sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 13,25, yang mana kelas
eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas
kontrol. Analisis uji hipotesis perbedaan pengetahuan siswa dilakukan dengan
menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000,
sehingga didapatkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang
signifikan kognitif siswa antara menggunakan model pembelajaran Course Review Horay
(CRH) dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil
perhitungan uji hipotesis juga dilakukan menggunakan uji paired sampel t-test diperoleh
nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 mengartikan bahwa 0,000 lebih kecil daripada 0,05, maka
Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test dan hasil pretest dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bisa
meningkatkan kognitif siswa terhadap materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul”
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai Raya. |
en_US |