MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI “MENELADANI SIFAT-SIFAT MULIA PARA RASUL” MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author Maharani, Nurul
dc.date.accessioned 2023-10-19T02:59:17Z
dc.date.available 2023-10-19T02:59:17Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4050
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Satu, bagaimana bentuk implementasi model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul”; dua, apakah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bisa meningkatkan kognitif siswa pada materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul” mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai Raya. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk: Satu, mengetahui bagaimana bentuk implementasi model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul”; dua, mengetahui apakah model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bisa meningkatkan kognitif siswa pada materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul” mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai Raya. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasy Eksperimental bentuk Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya yang terdiri dari 6 kelas, kemudian dilakukan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, hasil perhitungan persentase nilai kognitif siswa yang mempengaruhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelas eksperimen, ketuntasan nilai pre-test post-test mengalami peningkatan sebesar 84,38%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 75% dengan selisih sebesar 9,38%. Kemudian dari hasil analisis nilai rata-rata pre-test post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan rerata sebesar 19,38, sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 13,25, yang mana kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis uji hipotesis perbedaan pengetahuan siswa dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga didapatkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan kognitif siswa antara menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil perhitungan uji hipotesis juga dilakukan menggunakan uji paired sampel t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 mengartikan bahwa 0,000 lebih kecil daripada 0,05, maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test dan hasil pretest dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bisa meningkatkan kognitif siswa terhadap materi “Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) en_US
dc.subject Kognitif Siswa en_US
dc.title MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI “MENELADANI SIFAT-SIFAT MULIA PARA RASUL” MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account