MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI STRATEGI READING ALOUD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK AL-QUR’AN KELAS VII DI SMPN 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Aulia, Nurul
dc.date.accessioned 2023-10-19T02:26:38Z
dc.date.available 2023-10-19T02:26:38Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4048
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca AlQur‟an siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Al-Qur‟an sebelum diterapkannya Strategi Reading Aloud. 2) Penggunaan Strategi Reading Aloud dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Al-Qur‟an. 3) Kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Al-Qur‟an sesudah diterapkannya Strategi Reading Aloud. 4) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dari sebelum dan sesudah diterapkannya Strategi Reading Aloud. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data kualitatif diperoleh dari data non tes yaitu berupa hasil observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data kuantitatif diperoleh hasil dari tes kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik yang dianalisis menggunakan rumus skor ratarata (mean) dan persentase ketuntasan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Pontianak sebelum menggunakan strategi reading aloud adalah 63,7 dengan kategori kurang. 2) Penggunaan strategi reading aloud dalam pembelajaran PAI aspek Al-Qur‟an sangatlah diperlukan untuk membantu peserta didik yang masih kurang dalam membaca Al-Qur‟an. 3) Kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Pontianak setelah menggunakan strategi reading aloud terjadi peningkatan. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan hasil tes. Siklus I tampak peningkatan dari 63,7 menjadi 68,6, sedangkan Siklus II peningkatan tersebut dari 68,6 menjadi 76,2. 4) Membuktikan bahwa strategi reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Strategi Reading Aloud en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI STRATEGI READING ALOUD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK AL-QUR’AN KELAS VII DI SMPN 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account