dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca AlQur‟an siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Al-Qur‟an
sebelum diterapkannya Strategi Reading Aloud. 2) Penggunaan Strategi Reading
Aloud dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Al-Qur‟an. 3)
Kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Aspek Al-Qur‟an sesudah diterapkannya Strategi Reading Aloud. 4)
Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa dalam Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dari sebelum dan sesudah diterapkannya Strategi
Reading Aloud.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis
data kualitatif diperoleh dari data non tes yaitu berupa hasil observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Data kuantitatif diperoleh hasil dari tes kemampuan
membaca Al-Qur‟an peserta didik yang dianalisis menggunakan rumus skor ratarata (mean) dan persentase ketuntasan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan membaca
Al-Qur‟an peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Pontianak sebelum
menggunakan strategi reading aloud adalah 63,7 dengan kategori kurang. 2)
Penggunaan strategi reading aloud dalam pembelajaran PAI aspek Al-Qur‟an
sangatlah diperlukan untuk membantu peserta didik yang masih kurang dalam
membaca Al-Qur‟an. 3) Kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik kelas VII
C SMP Negeri 2 Pontianak setelah menggunakan strategi reading aloud terjadi
peningkatan. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan hasil tes. Siklus I tampak
peningkatan dari 63,7 menjadi 68,6, sedangkan Siklus II peningkatan tersebut dari
68,6 menjadi 76,2. 4) Membuktikan bahwa strategi reading aloud dapat
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik kelas VII C SMP
Negeri 2 Pontianak. |
en_US |