dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan fakta yang terjadi di
SMP IT Al-Hazza’ Sekayam kabupaten Sanggau bahwa kurang berhasil dalam
karakter religius siswanya padahal telah dilaksanakannya penguatan
pendidikan karakter religius melalui program-program sekolah. Tujuan dari
penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
program penguatan Pendidikan karakter religius di SMP IT Al-Hazza’
Sekayam Kabupaten Sanggau.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar
belakang SMP IT Al-Hazza’ Sekayam kabupaten Sanggau. Pengumpulan data
dilakukan dengan melakukan pengamatan (observasi), wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display dan
verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dilakukan dengan triangulasi sumber
yaitu pengecekan data dengan informan yang berbeda tetapi dengan teknik dan
waktu yang sama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penguatan Pendidikan
karakter religius melalui program kegiatan keagamaan di SMP IT Al-Hazza’
Sekayam kabupaten Sanggau dilakukan melalui tahap sebagai berikut: 1)
perencanaan yang liputi identifikasi potensi faktor internal dan eksternal,
sosialisasi ke berbagai pihak yang terlibat, merumuskan visi dan misi kegiatan,
mendesain kebijakan, merumuska berbagai program dan membuat bentuk
perencanaan. 2) Pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter religius
melalui kegiatan keagamaan diintegrasikan dalam kegiatan intrakurikuler
meliputi kegiatan pembelajaran keagamaan di kelas, tahfidzul Qur’an,
pembiasaan sholat dhuha dan fardhu berjamaah. Kegiatan kokurikuler rihlah
dan karantina Qur’an. Ekstrakurikuler program nasyid. 3) evaluasi program
yang meliputi persiapan evaluasi dengan dokumen-dokumen pendukung
seperti absensi dan catatan sekola, pelaksanaan evaluasi yang dilakuakan pada
saat rapat yang melibatkan kepala sekolah, guru dan penanggung jawab
kegiatan dan monitoring evaluasi program yang dilakukan kepala sekolah
untuk melihat keterlaksanaan kegiatan dan melihat perubahan capaian di raport
di tahun berikutnya. |
en_US |