PERAN GURU NGAJI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI MASJID DARUSSOLIHIN KELURAHAN DALAM BUGIS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Ni'ma, Ni'ma
dc.date.accessioned 2023-10-19T01:50:51Z
dc.date.available 2023-10-19T01:50:51Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4044
dc.description.abstract Al-Quran merupakan kalam Allah dan sebagai pedoman hidup seluruh umat islam, oleh karena itu kita wajib belajar Al-Quran dan membacanya dengan baik. sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran “dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan”. Adapun yang harus diperhatikan dalam membaca Al-Quran yang baik ialah diantaranya memperhatikan setiap bacaan Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai peranan guru dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1). Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar AlQur’an; 2). Peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an; 3). Peran guru sebagai penasihat dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an anak-anak di Masjid Darussolihin Kelurahan Dalam Bugis Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder. Yaitu : 1). Sumber primer adalah guru ngaji dan santri di Masjid Darussolihin: 2). Sumber sekunder adalah jurnal maupun tulisan yang berkaitan dengan peran guru ngaji dalam meningkatkan minat belajar. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa : 1). Sebagai motivator guru meningkatkan minat belajar santri dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, menciptakan persaingan atau kompetisi, serta membangkitkan dorongan siswa. 2). Peran guru ngaji sebagai demonstrator yaitu mendemonstrasikan cara pengucapan makhrijul huruf dan guru juga menuliskan di papan tulis yang berisi tentang materi ilmu tajwid, dengan harapan setiap materi pelajaran bisa lebih dipahami dan dihayati oleh setiap santri. 3). Peran guru ngaji sebagai penasihat yaitu memberikan nasehat terhadap masalah yang belum dimengerti oleh santri dalam hal belajar Al-Qur’an. Guru menasihati santri untuk lebih giat lagi belajar mengaji bukan hanya di Masjid saja, akan tetapi juga mengamalkannya dirumah supaya bisa memperlancar bacaan yang telah dilakukan di Masjid. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru ngaji en_US
dc.subject meningkatkan minat belajar Al-Qur’an en_US
dc.title PERAN GURU NGAJI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI MASJID DARUSSOLIHIN KELURAHAN DALAM BUGIS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account