PERAN GURU NGAJI DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS PADA SANTRI TPQ RUMAH TILAWAH KHARISMA DI DESA SETUNTUNG KABUPATEN SEKADAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.author Kurniyawati, Intan
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:55:10Z
dc.date.available 2023-10-18T03:55:10Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4035
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yang ditemukan oleh peneliti yakni adanya penurunan karakter religius pada santri TPQ Rumah Tilawah Kharisma sehingga diperlukannya peran guru ngaji dalam membina hal tersebut. Fokus penelitian ini yaitu, 1) Apa saja karakter religius yang dibina oleh guru ngaji pada santri?; 2) Bagaimana peran guru ngaji sebagai pendidik dalam membina karakter religius pada santri?; 3) Bagaimana peran guru ngaji sebagai pembimbing dalam membina karakter religius pada santri?; 4) Bagaimana peran guru ngaji sebagai motivator dalam membina karakter religius pada santri?; 5) Bagaimana peran guru ngaji sebagai evaluator dalam membina karakter religius pada santri TPQ Rumah Tilawah Kharisma di Desa Setuntung Kabupaten Sekadau?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah guru ngaji dan santri TPQ Rumah Tilawah Kharisma; 2) Sumber sekunder berupa skripsi terdahulu, jurnal serta buku. Teknik yang digunakan untuk mengunpulkan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan teknik analisis isi berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Karakter religius yang dibina oleh guru ngaji yaitu karakter jujur, bertanggung jawab, disiplin dan mandiri dengan menggunakan beberapa metode seperti metode keteladanan, pembiasaan, perhatian, hukuman dan ceramah; 2) Peran guru sebagai pendidik yaitu bukan hanya sekedar mengajarkan ilmu saja akan tetapi juga menjadi contoh yang baik untuk santri; 3) peran guru sebagai pembimbing yaitu memberikan nasihat, mengarahkan, memberikan solusi dan mengembangkan pontensi santri; 4) Peran guru sebagai motivator yaitu dengan cara memberikan apresiasi baik kata-kata yang membangun ataupun dengan hadiah; 5) Peran guru sebagai evaluator yaitu dengan pengamatan langsung ketika di tempat mengaji dan tidak langsung melalui komunikasi bersama wali santri, serta melalui hasil dari santri mengerjakan tugas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Guru Ngaji en_US
dc.subject Membina Karakter Religius en_US
dc.title PERAN GURU NGAJI DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS PADA SANTRI TPQ RUMAH TILAWAH KHARISMA DI DESA SETUNTUNG KABUPATEN SEKADAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account