dc.description.abstract |
Peran guru PAI yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu guru berperan
sebagaia Pengajar, guru berperan sebagai Pemimpin, guru berperan sebagai
Fasilitator, guru berperan sebagai Pengatur Lingkungan Belajar, guru sebagai
Perencana Pembelajaran, guru berperan sebagai Motivator, guru berperan sabagai
Teladan, dan guru berperan sebagai Evaluator dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMA Islam Al Azhar 10 Pontianak.
Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al Azhar 10 Pontianak menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data
dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata yang dianalisis dengan cara
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran guru PAI sebagai Pengajar
sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu guru menyampaikan materi
dengan sebaik mungkin agar peserta didik memahami materi yang disampaikan
seperti dengan penggunaan IT, (2) Peran guru PAI sebagai Pemimpin sudah
melaksanakan perannya dengan baik yaitu memimpin peserta didik dalam kegiatan
keagamaan seperti sholat dhuha setiap jum’at dan khataman al-Qur’an setiap bulan,
(3) Peran guru PAI sebagai Fasilitator sudah melaksanakan perannya dengan baik
yaitu Memberikan bantuan dan dukungan, Menggunakan teknologi, dan
Mendorong pemecahan masalah. (4) Peran guru PAI sebagai Pengatur Lingkungan
Belajar sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu menciptakan lingkungan
belajar yang kondusif, mengelola waktu dengan efektif, dan menyediakan sumber
daya pembelajaran, (5) Peran guru PAI sebagai Perencana Pembelajaran sudah
melaksanakan perannya dengan baik yaitu menentukan tujuan pembelajaran,
merancang kurikulum, menetapkan strategi pembelajaran, menetapkan penilaian,
menyediakan bahan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran, (6) Peran
guru PAI sebagai Motivator sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu
dengan memberikan motivasi di awal dan di akhir pembelajran, serta memberikan
reward dan punishman kepada peserta didik, (7) Peran guru PAI sebagai Teladan
sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu menunjukkan perilaku positif,
menjaga hubungan yang baik dengan peserta didik, da menjadi contoh yang baik
untuk peserta didik, baik dalam perkataan maupun perilaku, (8) Peran guru PAI
sebagai Evaluator sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu menilai hasil
belajar, memberikan umpan balik, membantu peserta didik untuk mencapai tujuan
dengan memberikan latihan kepada peserta didik. |
en_US |