PERAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM AL AZHAR 10 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Permatasari, Indah
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:47:40Z
dc.date.available 2023-10-18T03:47:40Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4034
dc.description.abstract Peran guru PAI yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu guru berperan sebagaia Pengajar, guru berperan sebagai Pemimpin, guru berperan sebagai Fasilitator, guru berperan sebagai Pengatur Lingkungan Belajar, guru sebagai Perencana Pembelajaran, guru berperan sebagai Motivator, guru berperan sabagai Teladan, dan guru berperan sebagai Evaluator dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al Azhar 10 Pontianak. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al Azhar 10 Pontianak menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata yang dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran guru PAI sebagai Pengajar sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu guru menyampaikan materi dengan sebaik mungkin agar peserta didik memahami materi yang disampaikan seperti dengan penggunaan IT, (2) Peran guru PAI sebagai Pemimpin sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu memimpin peserta didik dalam kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha setiap jum’at dan khataman al-Qur’an setiap bulan, (3) Peran guru PAI sebagai Fasilitator sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu Memberikan bantuan dan dukungan, Menggunakan teknologi, dan Mendorong pemecahan masalah. (4) Peran guru PAI sebagai Pengatur Lingkungan Belajar sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mengelola waktu dengan efektif, dan menyediakan sumber daya pembelajaran, (5) Peran guru PAI sebagai Perencana Pembelajaran sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu menentukan tujuan pembelajaran, merancang kurikulum, menetapkan strategi pembelajaran, menetapkan penilaian, menyediakan bahan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran, (6) Peran guru PAI sebagai Motivator sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu dengan memberikan motivasi di awal dan di akhir pembelajran, serta memberikan reward dan punishman kepada peserta didik, (7) Peran guru PAI sebagai Teladan sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu menunjukkan perilaku positif, menjaga hubungan yang baik dengan peserta didik, da menjadi contoh yang baik untuk peserta didik, baik dalam perkataan maupun perilaku, (8) Peran guru PAI sebagai Evaluator sudah melaksanakan perannya dengan baik yaitu menilai hasil belajar, memberikan umpan balik, membantu peserta didik untuk mencapai tujuan dengan memberikan latihan kepada peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title PERAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM AL AZHAR 10 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account