dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi yang dilakukan secara
langsung oleh peneliti. Peneliti melihat bahwa guru Fikih pada kelas VII di MTs
Negeri 1 Kayong Utara ini yang sudah menerapkan model pembelajaran
Cooperative Learning, Kemudian peneliti memandang perlu untuk melakukan
penelitian dengan tujuan : 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model
Cooperative Learning di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kayong Utara,
2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar peserta didik pada materi Fikih
setelah menggunakan model Cooperative Learning di kelas VII Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Kayong Utara.
Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Kayong Utara dengan menggunakan
metode Deskriptif Kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan Teknik
Random Sampling pada kelas VII. Alat pengumpulan data dengan menggunakan
angket dan lembaran observasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan
editing, skoring dan tabulasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa
penerapan pembelajaran sudah sesuai dengan Langkah-langkah dari Cooperative
Learning dan untuk persentase aktivitas belajar dengan menggunakan model
Cooperative Learning mendapatkan nilai 74,20% maka dapat disimpulkan bahwa
aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Cooperative Learning
ini mempunyai persentase yang tinggi. |
en_US |