dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai religius yang
diinternalisasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP
Muhammadiyah 2 Pontianak antara lain: 1) Proses transformasi nilai taat,
tanggung jawab dan disiplin melalui kegiatan ekstrekurikuler keagamaan. 2)
Proses transaksi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin melalui kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan. 3) Proses transinternalisasi nilai taat, tanggung jawab
dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai religius bagi peserta didik
melalaui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk menunjang nilai-nilai
religius pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. Penelitian ini
dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Fenomenology
kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi
langsung, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti
menggunakan, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi
data. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan,
Menigkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Internalisasi nilai-nilai religius
dibatasi pada nilai taat, tanggung jawab dan disiplin. Ada beberapa proses yang
dilakukan untuk meginternalisasikan ketiga nilai tersebut yaitu: 1) Tahap
transformasi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin dilaksanakan pada kegiatan
sholat duha berjamaah, kultum dan tahfidz dengan pemberian Informasi,
pemberian arahan, pemberian peraturan, dan pemberian kisah inspiratif. 2) Tapah
transaksi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin dilaksanakan pada kegiatan
sholat duha berjamaah, kultum, dan tahfidz dengan pemberian contoh langsung,
penerapan metode dan pemberian evaluasi. 3) Transinternalisasi nilai taat,
tanggung jawab dan disiplin dilakukan dengan pengontrolan dan pengawasan. |
en_US |