INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Ar, Eka Hendry
dc.contributor.author Hasibah, Hasibah
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:31:37Z
dc.date.available 2023-10-18T03:31:37Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4032
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai religius yang diinternalisasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak antara lain: 1) Proses transformasi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin melalui kegiatan ekstrekurikuler keagamaan. 2) Proses transaksi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. 3) Proses transinternalisasi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai religius bagi peserta didik melalaui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk menunjang nilai-nilai religius pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Fenomenology kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan, Menigkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Internalisasi nilai-nilai religius dibatasi pada nilai taat, tanggung jawab dan disiplin. Ada beberapa proses yang dilakukan untuk meginternalisasikan ketiga nilai tersebut yaitu: 1) Tahap transformasi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin dilaksanakan pada kegiatan sholat duha berjamaah, kultum dan tahfidz dengan pemberian Informasi, pemberian arahan, pemberian peraturan, dan pemberian kisah inspiratif. 2) Tapah transaksi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin dilaksanakan pada kegiatan sholat duha berjamaah, kultum, dan tahfidz dengan pemberian contoh langsung, penerapan metode dan pemberian evaluasi. 3) Transinternalisasi nilai taat, tanggung jawab dan disiplin dilakukan dengan pengontrolan dan pengawasan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Internalisasi en_US
dc.subject Nilai-nilai Religius en_US
dc.subject Ekstrakurikuler en_US
dc.title INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account