dc.description.abstract |
Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 6 Pontianak, karena pada saat pelajaran berlangsung masih banyak siswa
yang belum melaksanakan secara praktek yang benar mengenai sholat Fardhu, oleh
karena itu peneliti mengunakan strategi modelling the way ini sebagai bahan untuk
praktek nya. Tujuam penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Hasil Prestasi
Belajar Siswa Tanpa Menggunakan Strategi Modelling The Way Pada Praktek
Sholat Fardhu di Kelas VII F SMPN 6 Pontianak. 2) Untuk Mengetahui LangkahLangkah Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Menggunakan Strategi
Modelling The Way Pada Praktek Shalat Fardhu di Kelas VII F SMPN 6 Pontianak.
3) Untuk Mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Setelah Menggunakan Strategi
Modelling The Way Pada Praktek Sholat Fardhu di Kelas VII F di SMPN 6
Pontianak?
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di kelas VII F SMP Negeri 6 Pontianak tahun 2022/2023. Penelitian dilakukan
dalam dua siklus, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Sumber data berasal dari siswa kelas VII F melalui observasi partisipan dan
dokumen terkait pembelajaran. Hasil penelitian akan dianalisis secara kuantitatif
dan kualitatif. Keberhasilan penelitian ditentukan dengan mencapai persentase
ketuntasan belajar > 85 dengan kategori sangat baik (A).
Strategi Modelling The Way berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada
materi shalat fardhu di kelas VII SMP Negeri Pontianak Tahun Pelajaran
2022/2023. Awalnya, prestasi belajar siswa dalam praktek shalat rendah, hanya 7
siswa yang mencapai KKM. Namun, melalui penerapan strategi Modelling The
Way dalam siklus pertama, nilai prestasi belajar meningkat menjadi 71,28%. Siklus
berikutnya juga meningkatkan prestasi belajar siswa hingga hampir seluruhnya
mencapai nilai kategori A. Pembelajaran interaktif dan partisipatif dengan metode
Modelling The Way efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang materi
praktek shalat fardhu. Strategi ini merupakan alternatif efektif untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran agama Islam di kelas VII SMP Negeri
Pontianak. |
en_US |