PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MODELLING THE WAY PADA PRAKTEK SHOLAT FARDHU DI KELAS VII F SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Hafizah, Hafizah
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:22:08Z
dc.date.available 2023-10-18T03:22:08Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4031
dc.description.abstract Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Pontianak, karena pada saat pelajaran berlangsung masih banyak siswa yang belum melaksanakan secara praktek yang benar mengenai sholat Fardhu, oleh karena itu peneliti mengunakan strategi modelling the way ini sebagai bahan untuk praktek nya. Tujuam penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Hasil Prestasi Belajar Siswa Tanpa Menggunakan Strategi Modelling The Way Pada Praktek Sholat Fardhu di Kelas VII F SMPN 6 Pontianak. 2) Untuk Mengetahui LangkahLangkah Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Menggunakan Strategi Modelling The Way Pada Praktek Shalat Fardhu di Kelas VII F SMPN 6 Pontianak. 3) Untuk Mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Setelah Menggunakan Strategi Modelling The Way Pada Praktek Sholat Fardhu di Kelas VII F di SMPN 6 Pontianak? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII F SMP Negeri 6 Pontianak tahun 2022/2023. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data berasal dari siswa kelas VII F melalui observasi partisipan dan dokumen terkait pembelajaran. Hasil penelitian akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Keberhasilan penelitian ditentukan dengan mencapai persentase ketuntasan belajar > 85 dengan kategori sangat baik (A). Strategi Modelling The Way berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi shalat fardhu di kelas VII SMP Negeri Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Awalnya, prestasi belajar siswa dalam praktek shalat rendah, hanya 7 siswa yang mencapai KKM. Namun, melalui penerapan strategi Modelling The Way dalam siklus pertama, nilai prestasi belajar meningkat menjadi 71,28%. Siklus berikutnya juga meningkatkan prestasi belajar siswa hingga hampir seluruhnya mencapai nilai kategori A. Pembelajaran interaktif dan partisipatif dengan metode Modelling The Way efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang materi praktek shalat fardhu. Strategi ini merupakan alternatif efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran agama Islam di kelas VII SMP Negeri Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Strategi Modelling The Way en_US
dc.title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MODELLING THE WAY PADA PRAKTEK SHOLAT FARDHU DI KELAS VII F SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account