FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR BAWAMAI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Khaliq, Gusti Fadhlil
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:14:55Z
dc.date.available 2023-10-18T03:14:55Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4030
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi karena temuan awal bahwa kesiapan belajar peserta didik di SD Bawamai Pontianak dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kurang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SD Bawamai Pontianak tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian expost facto. Sumber datanya adalah 31 peserta didik yang diambil dengan teknik simple random sampling dari 123 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner dengan alat pengumpul datanya berupa angket tertutup dan data juga dikumpulkan dengan teknik studi dokumentasi dengan alat pengumpul datanya berupa dokumen. Sebelum dilakukan analisis data, instrumen diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian dilakukan analisis deskriptif untuk menganalisis dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar peserta didik masuk dalam kategori Sedang dengan hasil rata-rata persentase 72,8%. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Faktor Kondisi Fisik, Mental, dan Emosional mendapatkan nilai persentase sebesar 72,06%, (2) Faktor Kebutuhan, Motif, dan Tujuan mendapatkan nilai persentase sebesar 74,3%, dan (3) Faktor Keterampilan dan Pengetahuan mendapatkan nilai persentase sebesar 73,72. Koefisien determinasi faktor-faktor kesiapan belajar didapatkan sebesar 28,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel faktor-faktor kesiapan belajar berkontribusi sebesar 28,7% dan 71,3% lainnya di kontribusi oleh variabel-variabel lain. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kesiapan Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR BAWAMAI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account