dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi karena temuan awal bahwa kesiapan
belajar peserta didik di SD Bawamai Pontianak dalam pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam kurang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
menganalisis dan mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi kesiapan belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di SD Bawamai Pontianak tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sifat
penelitian expost facto. Sumber datanya adalah 31 peserta didik yang
diambil dengan teknik simple random sampling dari 123 peserta didik kelas
V. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner dengan alat
pengumpul datanya berupa angket tertutup dan data juga dikumpulkan
dengan teknik studi dokumentasi dengan alat pengumpul datanya berupa
dokumen. Sebelum dilakukan analisis data, instrumen diuji validitas dan
reliabilitas. Kemudian dilakukan analisis deskriptif untuk menganalisis dan
mendeskripsikan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar peserta didik
masuk dalam kategori Sedang dengan hasil rata-rata persentase 72,8%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Faktor Kondisi Fisik, Mental, dan
Emosional mendapatkan nilai persentase sebesar 72,06%, (2) Faktor
Kebutuhan, Motif, dan Tujuan mendapatkan nilai persentase sebesar 74,3%,
dan (3) Faktor Keterampilan dan Pengetahuan mendapatkan nilai persentase
sebesar 73,72. Koefisien determinasi faktor-faktor kesiapan belajar
didapatkan sebesar 28,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel
faktor-faktor kesiapan belajar berkontribusi sebesar 28,7% dan 71,3%
lainnya di kontribusi oleh variabel-variabel lain. |
en_US |