PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS VI SDN 10 BATU AMPAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author Laraswati, Galuh Putri
dc.date.accessioned 2023-10-18T03:06:05Z
dc.date.available 2023-10-18T03:06:05Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4029
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran menggunakan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Akidah Akhlak kelas VI SDN 10 Batu Ampar, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Akidah Akhlak kelas VI SDN 10 Batu Ampar, (3) peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan strategi Role Playing pada materi Akidah Akhlak kelas VI SDN 10 Batu Ampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, pada setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis refleksi. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah (1) observasi dengan (2) tes, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang berhasil dikumpulkan menggunakan teknik deskriptif komparatif untuk membandingan hasil antar siklus. Penelitian yang dilakukan telah menjawab 3 (tiga) pertanyaan penelitian . Pertama, perencanaan pembelajaran melalui penerapan metode Role Playing pada materi akidah akhlak di kelas VI SDN 10 Batu Ampar pada siklus I dilakukan dengan menyusun RPP dengan metode Role Playing, materi pokok menghindari perilaku tercela seperti Abu Lahab dan Abu Jahal, menyiapkan alat pengumpul data : lembar observasi aktivitas guru, soal tes akhir dan sumber belajar, kemudian siklus II berdasarkan pada perencanaan siklus I namun menggunakan materi pokok yang berbeda yaitu menghindari perilaku tercela seperti Musailamah Al-Kazab. Kedua, pelaksanaan yang menggunakan metode Role Playing pada materi akidah akhlak di kelas VI SDN 10 Batu Ampar dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan, tiap pertemuan dilakukan selama dua jam pelajaran (2x40 menit), tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran. Ketiga, pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing materi Akidah Akhlak di kelas VI SDN 10 Batu Ampar pada siklus I dengan rata-rata 72,3. Peningkatan pada siklus II meningkat menjadi 88,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 10 Batu Ampar Tahun Ajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Metode Role Playing en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS VI SDN 10 BATU AMPAR TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account