dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran
menggunakan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi Akidah Akhlak kelas VI SDN 10 Batu Ampar, (2) pelaksanaan pembelajaran
menggunakan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi Akidah Akhlak kelas VI SDN 10 Batu Ampar, (3) peningkatan hasil belajar
sebelum dan sesudah menggunakan strategi Role Playing pada materi Akidah
Akhlak kelas VI SDN 10 Batu Ampar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian
ini dilakukan dengan dua siklus, pada setiap siklus melalui tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan analisis refleksi. Teknik dan instrumen pengumpulan
data adalah (1) observasi dengan (2) tes, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data
yang berhasil dikumpulkan menggunakan teknik deskriptif komparatif untuk
membandingan hasil antar siklus.
Penelitian yang dilakukan telah menjawab 3 (tiga) pertanyaan penelitian .
Pertama, perencanaan pembelajaran melalui penerapan metode Role Playing pada
materi akidah akhlak di kelas VI SDN 10 Batu Ampar pada siklus I dilakukan
dengan menyusun RPP dengan metode Role Playing, materi pokok menghindari
perilaku tercela seperti Abu Lahab dan Abu Jahal, menyiapkan alat pengumpul data
: lembar observasi aktivitas guru, soal tes akhir dan sumber belajar, kemudian siklus
II berdasarkan pada perencanaan siklus I namun menggunakan materi pokok yang
berbeda yaitu menghindari perilaku tercela seperti Musailamah Al-Kazab. Kedua,
pelaksanaan yang menggunakan metode Role Playing pada materi akidah akhlak di
kelas VI SDN 10 Batu Ampar dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus satu kali
pertemuan, tiap pertemuan dilakukan selama dua jam pelajaran (2x40 menit), tahap
pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran.
Ketiga, pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing materi Akidah
Akhlak di kelas VI SDN 10 Batu Ampar pada siklus I dengan rata-rata 72,3.
Peningkatan pada siklus II meningkat menjadi 88,2. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa melalui Penerapan Role Playing dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VI SDN 10 Batu Ampar Tahun Ajaran 2022/2023. |
en_US |