PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 PONTIANAK 2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.author Mufaizin, Falahul
dc.date.accessioned 2023-10-18T02:42:30Z
dc.date.available 2023-10-18T02:42:30Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4027
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh tanggung jawab guru PAI masih minim dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru PAI masih kurang memperhatikan dirinya sendiri, baik dalam hal tindakan, sifat, tutur kata, sehingga mengakibatkan peserta didiknya mengikuti dan berpengaruh buruk terhadap keberhasilan mereka dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam; 2) Motivasi belajar peserta didik; 3) Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Untuk menjawab tujuan tersebut digunakan metode deskriptif, pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 19 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear sederhana menggunakan software pengolah data SPSS 25. Hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan sebagai berikut: 1) Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 19 Pontianak dalam kategori baik, dapat dilihat dari jawaban paling banyak responden dalam kategori baik dengan mean nilai skor kepribadian guru Pendidikan Agama Islam sebesar 41,97; 2) Motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 19 Pontianak dalam kategori baik, hal tersebut dapat dilihat dari jawaban paling banyak responden dalam kategori baik dengan mean nilai skor motivasi belajar peserta didik sebesar 32,01; 3) Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 19 Pontianak terdapat pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 2,033 yang berarti thitung > ttabel (2,033 > 1,984) dengan tingkat signifikansi 0,045 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kepribadian guru PAI berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 19 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kepribadian Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 PONTIANAK 2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account