PELAKSANAAN TAHFIDZAL-QUR’AN DI SMK AL MADANI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Hasanah, Eni
dc.date.accessioned 2023-10-18T02:35:53Z
dc.date.available 2023-10-18T02:35:53Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4026
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini adanya masih adapersoalan yang menghambat proses pembelajaran tahfiz ini yaitu kebanyakansiswa belum bisa mengatur waktu dengan baik, sehubungan dengan padatnyakegiatan belajar di sekolah membuat siswa kurang bisamengatur waktu mereka antara menghafal, belajar, dankegiatan sekolah lainnya yang membuat siswa kurang bisa dalam mengaturwaktu sehingga mengganggu dalam proses menghafal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui perencanaan tahfidzAl-Qur’an pada siswa SMK Al Madani Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) mengetahui pelaksanaan tahfidzAl-Qur’an pada siswa SMK Al Madani Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023 dan 3) mengetahui evaluasi tahfidzAl-Qur’an pada siswa SMK Al Madani Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pembinbing tahfiz Al-Qur’an, 12 orang siswa dan kepala SMK Al Madani Pontianak. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi, mengadakan member chek. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan program pelaksanaan tahfidzAl-Qur’an pada siswa SMK Al Madani Pontianak yaitu menetapkan tujuan, menetapkan metode dan menetapkan materi,2) Pelaksanaan tahfidzAl-Qur’an pada siswa SMK Al Madani Pontianak: Tahap awal: mambaca doa, mengucapkan salam, murajaah kemudian siswa mempersiapkan hafalan surah,tahap pelaksana: mereka memghafalkan surah secara berulang-ulang kemudian menyetor kepada gurunya dengan bacaan tartil, lancar serta sesuai dengan hukum bacaan tajwid dan 3)Evaluasi pelaksanaan tahfidzAl-Qur’an pada siswa SMK Al Madani Pontianak yaituevaluasi proses: guru melakukan evaluasi proses dengan cara siswa untuk melakukan setoran kepada gurunya per surah yang di hafalkan dan evaluasi akhir: guru melakukan tes kepada seluruh siswa dengan cara mengetes hafalan surah yang sudah di hafalkan siswa, artinya guru menyebutkan nama surah yang harus di baca tanpa melihat Al Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject PelaksanaanTahfidz Al-Qur’an en_US
dc.title PELAKSANAAN TAHFIDZAL-QUR’AN DI SMK AL MADANI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account