dc.description.abstract |
Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi bauran
pemasaran pada UMKM Amplang Mutiara Di Teluk Batang Kabupaten Kayong
Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalash untuk mengetahui strategi bauran
pemasaran pada UMKM Amplang Mutiara Di Teluk Batang Kabupaten Kayong
Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data sekunder
dan primer, teknik pengumpulan data yang diperoleh observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah triangulasi. Data yang di dapat adalah hasil wawancara
peneliti bersama dua narasumber yaitu pemilik Amplang Mutiara dan distributor
Amplang Mutiara. Penelitian ini dilakukan di UMKM Amplang Mutiara Di Teluk
Batang Kabupaten Kayong Utara.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran
yang diterapkan oleh UMKM Amplang Mutiara di Teluk Batang Kabupaten
Kayong Utara sudah sesuai dengan aspek bauran pemasaran yaitu Strategi
produksi yang di jalankan oleh Amplang Mutiara dalam kegiatan produksi adalah
dengan mempertahankan kualitas rasa menggunakan ikan tenggiri segar yang
dibeli langsung dari nelayan setempat. Startegi harga yang di terapkan oleh
Amplang Mutiara adalah dengan mempertahankan harga agar tidak naik
meskipun bahan baku biasa naik sewaktu-waktu. Strategi tempat, pemilihan
tempat usaha Amplang Mutiara berada di rumah pribadi dan berada pada lokasi
yang strategis karena tempatnya di perdesaan yang padat penduduk dan jalan raya
yang diakses banyak orang. Strategi promosi yang dilakukan Amplang Mutiara
dengan promosi dari mulut ke mulut, media sosial seperti Facebook dan
WhattApp. Kendala strategi bauran pemasaran pada UMKM Amplang Mutiara di
Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara yaitu faktor internal strategi
pengembangan pemasaran Amplang Mutiara meliputi strategi produksi dan
kurangnya modal. Sedangkan faktor eksternal dari dalam strategi pemasaran
UMKM Amplang Mutiara meliputi faktor distribusi dan promosi, kurang
memaksimalkan pemasaran online dengan menggunakan media sosial. |
en_US |