STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA UMKM AMPLANG MUTIARA DI TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Harahap, Rina Mandara
dc.contributor.advisor Ilhamdi, Ilhamdi
dc.contributor.author Dewi, Yesi Utama
dc.date.accessioned 2023-10-16T04:16:33Z
dc.date.available 2023-10-16T04:16:33Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3995
dc.description.abstract Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi bauran pemasaran pada UMKM Amplang Mutiara Di Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalash untuk mengetahui strategi bauran pemasaran pada UMKM Amplang Mutiara Di Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dan primer, teknik pengumpulan data yang diperoleh observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Data yang di dapat adalah hasil wawancara peneliti bersama dua narasumber yaitu pemilik Amplang Mutiara dan distributor Amplang Mutiara. Penelitian ini dilakukan di UMKM Amplang Mutiara Di Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Amplang Mutiara di Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara sudah sesuai dengan aspek bauran pemasaran yaitu Strategi produksi yang di jalankan oleh Amplang Mutiara dalam kegiatan produksi adalah dengan mempertahankan kualitas rasa menggunakan ikan tenggiri segar yang dibeli langsung dari nelayan setempat. Startegi harga yang di terapkan oleh Amplang Mutiara adalah dengan mempertahankan harga agar tidak naik meskipun bahan baku biasa naik sewaktu-waktu. Strategi tempat, pemilihan tempat usaha Amplang Mutiara berada di rumah pribadi dan berada pada lokasi yang strategis karena tempatnya di perdesaan yang padat penduduk dan jalan raya yang diakses banyak orang. Strategi promosi yang dilakukan Amplang Mutiara dengan promosi dari mulut ke mulut, media sosial seperti Facebook dan WhattApp. Kendala strategi bauran pemasaran pada UMKM Amplang Mutiara di Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara yaitu faktor internal strategi pengembangan pemasaran Amplang Mutiara meliputi strategi produksi dan kurangnya modal. Sedangkan faktor eksternal dari dalam strategi pemasaran UMKM Amplang Mutiara meliputi faktor distribusi dan promosi, kurang memaksimalkan pemasaran online dengan menggunakan media sosial. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Bauran Pemasaran en_US
dc.subject UMKM Amplang en_US
dc.title STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA UMKM AMPLANG MUTIARA DI TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account