dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pemasaran minuman
Boba Om Ded Di Sukadana yang ditinjau dari Etika Bisnis Islam, metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan
(field research), bersifat kualitatif (deskripstif).
Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber primer dan sumber
sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan mengambil sampel satu orang
penjual, satu orang karyawan dan satu orang konsumen Boba Om Ded Di
Sukadana. Sumber data sekunder diperoleh dari internet, dan buku lainnya.
Metode pengumpul data, peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi
dan observasi. Metode analisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif
dengan menggunakan cara berfikir induktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kedai Boba Om Ded di Sukadana
belum sesuai secara etika bisnis Islam. Prinsip yang sudah diterapakan oleh kedai
Boba Om Ded adalah keseimbangan, tanggung jawab, ikhsan. Sedangkan prinsip
yang belum diterapkan pada kedai Boba Om Ded adalah prinsip ketauhidan
karena pemilik dan karyawan masih lalai dalam menjalankan shalat wajib tepat
waktu atau diawal waktu. Dengan berbagai alasan salah satunya memilih
melayani pembeli terlebih dahulu dan menunda hingga waktu pulang tiba.
Sedangkan prinsip kebebasan belum sepenuhnya diterapkan oleh pemilik kedai
Boba Om Ded dikarenakan masih ditemukanya praktek riba dari lembaga
keuaangan konvensional. |
en_US |