dc.description.abstract |
Perkembangan teknologi semakin pesat, salah satu media yang dapat
dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan dakwah yaitu instagram. Instagram
merupakan salah satu media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk
berbagi media mulai dari, video, gambar, audio, dan sebagainya. Salah satu akun
dakwah yang menggunakan media sosial sebagai media dakwah adalah akun
instagram @munzalan.tv. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja
Pesan Dakwah yang terdapat dalam akun instagram @munzalan.tv berdasarkan
teori uses and gratifcation.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data
dalam penelitian ini yaitu isi konten akun instagram @munzalan.tv selama bulan
November. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer akun
instagram munzalan.tv, musyrif dan admin munzalan sedangkan data sekunder
adalah data yang diperoleh dari dokumen yang berupa buku,jurnal gambar
maupun foto. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dan wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan . Tahap terakhir pada penelitian ini
ialah melakukan pengecekan keabsahan data yang berupa triangulasi teknik dan
member check.
Hasil dari penelitian ini menunjukan pesan dakwah yang terdapat dalam
akun instagram @munzalan.tv terbagi menjadi tiga kategori diantaranya: 5 pesan
dakwah akidah yaitu: Penyebab kecewa seorang manusia, dunia itu hina,
bersabar, kabar baik dari mantan, dan ketakutan dimasa lalu, 8 pesan dakwah
syariah yaitu : wudhu, sholat, ada agama baru, zinah, haid, konsep sakinah,
prinsip abdurahman, dan keberkahan usaha, dan 7 pesan dakwah akhlak yaitu:
makan, jati diri, jomblo, makhluk visual, jadi keluarga, kualitas pemimpin.
Dalam instagram tersebut mengandung ajakan untuk berbuat kebaikan serta
memperingati masalah dunia dan akhirat. |
en_US |