dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru dan
murid kelas V pada kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al Karima Kubu
Raya dengan menentuukan pesan komunikasi, media komunikasi, bentuk
komunikasi dan faktor pendukung serta faktor penghambat komunikasi antara
guru dan murid kelas V di SDIT Al Karima. Sehingga didapatkannya hasil pola
komunikasi yang terjadi di dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an guru dan
murid kelas V di SDIT Al Karima Kubu Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu menyelidi objek
dalam bentuk narasi dengan metode deskriptif. Data yang diperoleh dari
informan terdapat tiga kategori, yakni koordinator mata pelajaran Al-Qur’an,
guru mata pelajaran Al-Qur’an, serta murid kelas V SDIT Al Karima Kubu Raya.
Teknik yang digunakan pada penelitian ini dalam mengumpulkan data adalah
teknik observasi dengan mengamati langsung, proses wawancara dengan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada informan, dan dokumentasi untuk
mengumpulkan data-data sebagai data pendukung. Adapun data yang diperoleh
akan dianalisis dengan mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan
yang dipaparkan secara sistematis, factual, dan aktual
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua pola komunikasi
yang digunakan yaitu pola komunikasi bintang dan pola komunikasi rantai yang
diterapkan guru kapada murid kelas V pada kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di
SDIT Al Karima Kubu Raya. |
en_US |