dc.description.abstract |
Berdasarkan perkembangan manusia sebagai makhluk sosial yang yang setiap
orangnya memilii persepsi masing-masing terhadap seseuatu yang digunakannya.
Energy tenaga listrik menjadi sangat penting dalam kehidupan makhluk sosial dalam
kehidupan sehari-hari. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
perencanaan humas dalam meningkatkan citra positif perusahaan. Adapun sub fokus
penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaa, dan evaluasi yang dilakukan Bidang
Humas PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Wilayah Kalbar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder yaitu: pertama,
sumber data primer adalah kepala Bidang Humas PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi
Wilayah Kalbar, dan staff Bidang Humas PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi
Wilayah Kalbar. Kedua, sumber data sekunder adalah dokumentasi, foto, dan arsip yang
berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pada analisis data, peneliti menggunakan analisis data
interaktif yang dilakukan dengan empat tahapan yakni, pengumpulan data, reduksi data,
display data dan verifikasi atau menarik kesempulan. Sedangkan teknik pemeriksaan
keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu teknik triangulasi, kecukupan referensi dan
auditing.
Hasil penelitian ini menunujukan bahwa strategi komunikasi humas PT. PLN
Persero Unit Induk Distribusi Wilayah Kalbar dalam Meningkatkan citra positif, melalu
beberapa tahapan perencanaan, analisis situasi, analisis organisasi, analisis public,
menentukan tujuan dan sasaran, strategi aksi dan respon, merumuskan komunikasi
efektif. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan yaitu memilih taktik komunikasi dan
menentukan rencana strategis. Sedangkan tahap evaluasi yang dilakukan yaitu riset
evaluasi yaitu menyampaikan hasil laporan kinerja selama satu periode berlangsung. |
en_US |