dc.description.abstract |
Pendapatan merupakan suatu hasil yang diterima oleh seseorang atau rumah
tangga dari hasil membuka usaha atau bekerja. Sedangkan Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) merupakan merupakan suatu unit usaha produktif yang
berdiri sendiri dan dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha dari semua
sektor perekonomian.
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui kondisi perekonomian pelaku
UMKM sebelum dan selama terjadinya penyebaran virus covid 19 di Kecamatan
Pontianak Kota, (2) Mengetahui seberapa besar dampak pasca pandemi covid 19
terhadap pendapatan masyarakat khususnya UMKM di Kecamatan Pontianak
Kota, (3) Mengetahui peran UMKM dalam membangkitkan kembali pendapatan
masyarakat pasca pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai beberapa pelaku
UMKM di Kecamatan Pontianak Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kondisi perekonomian pelaku UMKM
sebelum dan selama terjadinya penyebaran virus Covid 19 di Kecamatan
Pontianak Kota yaitu beberapa pelaku UMKM menyatakan sebelum adanya
pandemi covid 19 kondisi perekonomiannya stabil, akan tetapi pada saat awal dan
adanya pandemi kondisi perekonomian UMKM menjadi menurun drastis, Adapun
hasil untuk beberapa pelaku UMKM lainnya menyatakan kondisi perekonomian
sebelum adanya pandemi dan pada saat serta setelah adanya pandemi covid 19
tetap stabil (2) Dampak pasca pandemi covid 19 terhadap pendapatan masyarakat
khususnya UMKM di Kecamatan Pontianak Kota beberapa pelaku UMKM
menyatakan hasil pendapatan kotor dan pendapatan bersih tidak terlalu berbeda,
ada juga beberapa UMKM yang hasil pendapatan bersih dan pendapatan kotornya
sama, untuk modal yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan tokonya. Pada
penggunaan jam kerja sebelum, pada saat pademi dan sesudah pandemi tidak ada
perubahan. Keuntungan yang didapat sebelum adanya pandemi covid 19 masih
normal namun ketika adanya pandemi keuntungan yang didapat pun menjadi
menurun, akan tetapi perlahan mulai meningkat kembali setelah pasca pandemi
covid 19 ini. (3) Peran UMKM dalam membangkitkan kembali pendapatan
masyarakat pasca pandemi covid 19 yaitu dengan melakukan strategi promosi
untuk menjual produk secara online dengan memposting usaha atau produk
dagangannya di sosial media seperti instagram dan facebook, menyebarkan
pamflet, review konsumen dan lain-lain. |
en_US |