LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.author Hadi, Abdul
dc.date.accessioned 2023-10-03T01:02:34Z
dc.date.available 2023-10-03T01:02:34Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3819
dc.description.abstract Penelitian yang dilakukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Nurul Hikmah Madaniyah Desa Wajok Hulu Kabupaten Mempawah bertujuan untuk: (1) Mengetahui motivasi anak yang belajar membaca AIQur'an sebelum layanan bimbingan kelompok, (2) Mengetahui proses layanan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan motivasi anak yang belajar membaca Al-Qur’an, (3) Mengetahui perkembangan motivasi anak yang belajar membaca Al-Qur'an setelah layanan bimbingan kelompok, (4) Mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah angket, refleksi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus presentase dan uji t jenis paired sample t-test. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Tingkat motivasi belajar anak dalam belajar Al-Qur’an sebelum diberikan treatment tergolong tinggi, (2) Proses bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada meliputi pertemuan pertama hingga pertemuan kedua meliputi tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan (inti) dan tahap pengakhiran., (3) Tingkat motivasi belajar anak dalam belajar Al-Qur’an setelah diberikan treatment masih mayoritas tinggi, namun ada kenaikan pada kategori sangat tinggi yang awalnya hanya 1 menjadi 3, (4) Nilai pre-test 0,994 > 0,05 dan nilai post-test 0,905 > 0,05. Nilai Sig uji normalitas dengan metode kolmogorov smirnov berdistribusi normal, uji-t selisih rata-rata (mean) adalah -8.71429 dan simpangan baku (std. Deviations) selisih antara pre-test dan post-test 7.15808 dengan taraf kepercayaan 95%. Pada tabel di atas t diperoleh hasil -3.221 dengan probabilitas 6, (sig 2-tailed) yaitu 0,018 maka dapat disimpulkan nilai sig 2-tailed <0,05 artinya Họ di tolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak dalam membaca Al-Qur'an di TPA Nurul Hikmah Madaniyah Desa Wajok Hulu Kabupaten Mempawah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Teknik Storytelling en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account