dc.description.abstract |
Saat ini masih kurangnya literatur mengenai praktek akuntansi di organisasi
nirlaba, termasuk lembaga keagamaan. Begitupula dengan praktik akuntansi di
masjid belum banyak yang membahasnya. Padahal masjid merupakan entitas
pelaporan akuntansi yang menggunakan dana masyarakat sebagai sumber
keuangannya, dalam bentuk sumbangan, sedekah atau bentuk bantuan sosial
lainnya yang berasal dari masyarakat. Hal ini dapat dipengaruhi oleh pendidikan
dan pemahaman akuntansi.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendidikan terhadap
kemampuan menyusun laporan keuangan masjid di Kecamatan Pontianak Selatan,
(2) pengaruh pemahaman akuntansi terhadap kemampuan menyusun laporan
keuangan masjid di Kecamatan Pontianak Selatan, (3) pengaruh pendidikan dan
pemahaman akuntansi secara sumultan terhadap kemampuan menyususn laporan
keuangan masjid di Kecamatan Pontianak Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari
sumber data primer dan sumber data skunder dan lokasi penelitian bertempat di
masjid Kecamatan Pontianak Selatan. Populasi dalam penelitian ini masjid Jami’
sebanyak 44 masjid, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 31 masjid yang
berada di tiga (3) Kelurahan di Kecamatan Pontianak Selatan. Dalam teknik
pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, kuesioner (angket), dan
dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji instrumen, uji statistik
deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pendidikan tidak berpengaruh
terhadap Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Masjid, hal itu dapat dilihat
dari hasil uji persial (uji t) menunjukkan bahwa t hitung variabel pendidikan sebesar
0.200 < t tabel 2,048 dengan Sig. 0.843 > 0,05. (2) Pemahaman akuntansi
berpengaruh terhadap Kemaampuan Menyusun Laporan Keuangan Masjid hal
tersebut dapat dilihat dari hasil uji persial (uji t) menunjukan bahwa t hitung variabel
pemahaman akuntansi sebesar 3.003 > t tabel 2,048 dengan Sig. 0,006 < 0,05. (3)
pendidikan dan pemahaman akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap
kemampuan menyusun laporan keuangan masjid, hal tersebut dapta dilihat dari
hasil uji statistik (uji F) menunjukan bahwa Fhitung sebesar 20.494 > F tabel 3,33
dengan sig. 0.000 < 0.05. |
en_US |