KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI NYANYIAN DALAM PERMAINAN TRADISIONAL DI KECAMATAN PULAU MAYA KABUPATEN KAYONG UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Merna, Merna
dc.date.accessioned 2023-09-26T02:47:41Z
dc.date.available 2023-09-26T02:47:41Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3776
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Permainan tradisional di daerah Pulau Maya yang berkaitan dengan nyanyian. 2) Pelaksanaan permainan tradisional yang berkaitan dengan bahasa. 3) Kemampuan bahasa anak usia dini melalui nyanyian dalam permainan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah anak yang melakukan permainan tradisional dan sumber data sekunder adalah dokumen Deskripsi Desa dan Kelurahan serta nyanyian dalam permainan trdisional. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan datanya meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalaui nyanyian dalam permainan tradiosional di Kecamatan Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara diantaranya 1) Jenis permainan tradisional yang berkaitan dengan nyanyian yaitu Mimi, Cong Unai, Cuo-cup Gendom, Ampar Pisang, Limtak, Pimpah, King Periok, Wak-wak Ungkuk, Tom Puyak, Njet Semut, Pang-pang Senebu, Saya orang kaya saya orang miskin, dan slepdo. 2) pelaksanaan permainan tradisional yang berkaitan dengan bahasa yaitu dilakukan dengan bertepuk tangan sambil menyanyikan lagu untuk sebagai pandu dalam permainan tradisional. 3) Kemampuan berbahasa anak usia dini melalui nyanyian dalam permainan tradisional yaitu anak mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata dan mengenal symbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis. Salah satu permainan tradisional yang berkaitan dengan bahasa salah satunya mainan Mimi, karena didalam permainan tradisonal mimi anak dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara, dapat mengikuti perintah dari patokan lirik nyanyian permainan tradisonal mimi dan mampu mengucapkan dengan lafal yang benar. Contoh pada permainan mimi anak mampu mengucapkan kata golong-golong ompret. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Berbahasa en_US
dc.subject Permainan Tradisional Nyanyian en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI NYANYIAN DALAM PERMAINAN TRADISIONAL DI KECAMATAN PULAU MAYA KABUPATEN KAYONG UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account