MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I MELALUI MEDIA BIG BOOK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FATIH AL-BAARIQ DESA JAWA TENGAH KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Khalilaturrasyidah, Khalilaturrasyidah
dc.date.accessioned 2023-09-26T01:08:44Z
dc.date.available 2023-09-26T01:08:44Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3772
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terjadi pada peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fatih Al- Baariq yang seluruhnya berjumlah 28 peserta didik, dari jumlah tersebut banyak yang belum memiliki kemampuan berbicara Bahasa Indonesia dengan baik. Sehingga perkembangan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia anak masih perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas I Sebelum Menggunakan Media Big Book 2) kemamampuan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas I Sesudah Menggunakan Media Big Book 3) peningkatan Berbicara Peserta Didik Kelas I sebelum dan sesudah menggunakan Media Big Book . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reaserch). PTK dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi di dalam kelas dan meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia anak. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan masalah penelitian, penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri atas 4 komponen utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk teknik dan mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, dan dukumentasi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebagian peserta didik kelas I dalam beberapa indikator aspek yang dinilai dalam kemampuan berbicara Bahasa Indonesia yaitu peserta didik kelas I meliputi: faktor psikis yang menyebabkan anak sulit untuk berbicara Bahasa Indonesia, seperti kurang percaya diri, tidak punya banyak kosa kata. Faktor fisik yang memang dimiliki anak sejak lahir ataupun karna terbiasanya memakai bahasa ibu. 2) Mempengaruhi Kemampuan berbicara Bahasa Indonesia peserta didik kelas 1 sesudah menggunakan media big book pada siklus I pada keseluruhan 28 peserta didik 45% sedangkan pada siklus II 80% berada pada kategori berkembang sangat baik. 3) Adapun peningkatan setelah menggunakan media big book terdapat peningkatan dalam keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Baariq setelah menggunakan media big book dengan perbandingan dari jumlah keseluruhan 28 peserta didik kelas 1, 24% kategori belum berkembang pada pra siklus, 45% kategori berkembang sesuai harapan pada siklus I dan 80 % kategori berkembang sangat baik pada siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject kemampuan bahasa Indonesia en_US
dc.subject media big book en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I MELALUI MEDIA BIG BOOK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FATIH AL-BAARIQ DESA JAWA TENGAH KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account