dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terjadi pada peserta didik di
Sekolah Dasar Islam Terpadu Fatih Al- Baariq yang seluruhnya berjumlah 28
peserta didik, dari jumlah tersebut banyak yang belum memiliki kemampuan
berbicara Bahasa Indonesia dengan baik. Sehingga perkembangan keterampilan
berbicara Bahasa Indonesia anak masih perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkap: 1) Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik
Kelas I Sebelum Menggunakan Media Big Book 2) kemamampuan Berbicara
Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas I Sesudah Menggunakan Media Big Book
3) peningkatan Berbicara Peserta Didik Kelas I sebelum dan sesudah
menggunakan Media Big Book .
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action
Reaserch). PTK dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi di dalam kelas
dan meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia anak. Untuk
memperoleh data yang berkaitan dengan masalah penelitian, penelitian ini
dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri atas 4 komponen utama, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk teknik dan
mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, dan dukumentasi.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1)
Sebagian peserta didik kelas I dalam beberapa indikator aspek yang dinilai dalam
kemampuan berbicara Bahasa Indonesia yaitu peserta didik kelas I meliputi:
faktor psikis yang menyebabkan anak sulit untuk berbicara Bahasa Indonesia,
seperti kurang percaya diri, tidak punya banyak kosa kata. Faktor fisik yang
memang dimiliki anak sejak lahir ataupun karna terbiasanya memakai bahasa ibu.
2) Mempengaruhi Kemampuan berbicara Bahasa Indonesia peserta didik kelas 1
sesudah menggunakan media big book pada siklus I pada keseluruhan 28 peserta
didik 45% sedangkan pada siklus II 80% berada pada kategori berkembang sangat
baik. 3) Adapun peningkatan setelah menggunakan media big book terdapat
peningkatan dalam keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada peserta didik
kelas 1 Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Baariq setelah menggunakan media big
book dengan perbandingan dari jumlah keseluruhan 28 peserta didik kelas 1, 24%
kategori belum berkembang pada pra siklus, 45% kategori berkembang sesuai
harapan pada siklus I dan 80 % kategori berkembang sangat baik pada siklus II. |
en_US |