POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RT 004 RW 002 DESA BERINGIN KEC. HULU GURUNG KAB. KAPUAS HULU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Kasturi, Ani
dc.date.accessioned 2023-09-25T04:59:51Z
dc.date.available 2023-09-25T04:59:51Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3766
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter sopan santun dan mandiri anak usia dini di RT 004 RW 002 Desa Beringin Kec. Hulu Gurung Kab. Kapuas Hulu; 2) Faktor penghambat orang tua dalam pendidikan karakter sopan santun dan mandiri anak usia dini Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini 4 orang tua anak dan 4 anggota keluarga atau tetangga. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku terkait karakter anak usia dini, skripsi dan jurnal penelitian relevan yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian data (data display), dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data, peneliti melakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini di RT 004 RW 002 Desa Beringin Kec. Hulu Gurung Kab. Kapuas Hulu: 1) Pola asuh dalam pendidikan karakter sopan santun adalah otoriter karena adanya hukuman yang diberikan oleh orang tua dan demokratis karena adanya pujian, kesempatan, penjelasan dan bimbingan dari orang tua; 2) Pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter mandiri adalah otoriter karena adanya hukuman, permisif karena adanya kebebasan tanpa adanya perhatian, bimbingan dan teguran yang cukup serta kasih sayang yang berlebihan dan demokratis karena adanya pujian serta kesempatan dari orang tua; 3) Faktor penghambat orang tua dalam pendidikan karakter sopan santun yaitu berasal dari sikap orang tua itu sendiri, lingkungan sekolah, masyarakat, dan adanya media massa seperti gadget atau Hp. 4) Faktor penghambat orang tua dalam pendidikan karakter mandiri yaitu juga berasal sikap orang tua, lingkungan sekolah, dan penggunaan gadget atau Hp. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pola Asuh Orang Tua en_US
dc.subject Pendidikan Karakter Anak Usia Dini en_US
dc.title POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI RT 004 RW 002 DESA BERINGIN KEC. HULU GURUNG KAB. KAPUAS HULU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account