dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pola asuh orang
tua dalam pendidikan karakter sopan santun dan mandiri anak usia dini di RT
004 RW 002 Desa Beringin Kec. Hulu Gurung Kab. Kapuas Hulu; 2) Faktor
penghambat orang tua dalam pendidikan karakter sopan santun dan mandiri
anak usia dini
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitiannya yaitu deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini 4
orang tua anak dan 4 anggota keluarga atau tetangga. Sumber data sekunder
dari penelitian ini adalah buku terkait karakter anak usia dini, skripsi dan
jurnal penelitian relevan yang terkait dengan penelitian ini. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan
data, reduksi, penyajian data (data display), dan verifikasi. Sedangkan
keabsahan data, peneliti melakukan ketekunan pengamatan, triangulasi,
menggunakan bahan referensi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa
pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini di RT 004 RW
002 Desa Beringin Kec. Hulu Gurung Kab. Kapuas Hulu: 1) Pola asuh dalam
pendidikan karakter sopan santun adalah otoriter karena adanya hukuman
yang diberikan oleh orang tua dan demokratis karena adanya pujian,
kesempatan, penjelasan dan bimbingan dari orang tua; 2) Pola asuh orang tua
dalam pendidikan karakter mandiri adalah otoriter karena adanya hukuman,
permisif karena adanya kebebasan tanpa adanya perhatian, bimbingan dan
teguran yang cukup serta kasih sayang yang berlebihan dan demokratis
karena adanya pujian serta kesempatan dari orang tua; 3) Faktor penghambat
orang tua dalam pendidikan karakter sopan santun yaitu berasal dari sikap
orang tua itu sendiri, lingkungan sekolah, masyarakat, dan adanya media
massa seperti gadget atau Hp. 4) Faktor penghambat orang tua dalam
pendidikan karakter mandiri yaitu juga berasal sikap orang tua, lingkungan
sekolah, dan penggunaan gadget atau Hp. |
en_US |