dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap
keterampilan soft skill yang mana dengan keterampilan tersebut siswa
bisa mempunyai nilai lebih dari aspek perilaku dan sikap. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apa saja jenis soft skill
yang dapat di tingkatkan pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan
di MTs Al-Muttaqin Suhaid (2) Bagaimana cara meningkatkan soft
skill siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs AlMuttaqin Suhaid (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat
kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Al-Muttaqin Suhaid.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
atau field research dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian
ini bertempat di MTs Al-Muttaqin Suhaid Kabupaten Kapuas
Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang
meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Jenis soft skill yang
di tingkatkan pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs
Al-Muttaqin Suhaid adalah kemampuan berkomunikasi, percaya
diri, kerja tim, jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, mandiri,
dan disiplin (2) Cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi
adalah melalui kegiatan muhadatsah dengan menghafal kosa kata,
maupun percakapan singkat dalam bahasa Arab dan Inggris, cara
meningkatakan kerjasama tim adalah dengan diskusi kelompok yang
berupa games dan percakapan bebas dalam kegiatan muhadatsah, cara
meningkatkan rasa percaya diri adalah melalui kegiatan muhadharah
yakni berceramah di hadapan banyak orang, jiwa kepemimpinan di
tingkatkan melalui kegiatan muhadatsah yakni saling mengayomi
dan menghargai satu sama lain dalam kegiatan tersebut, tanggung
jawab dan mandiri di internalisasi melalui kegiatan hafalan ayat-ayat pendek dan do’a sehari-hari, disiplin di tingkatkan dengan kegiatan
sholat berjama’ah. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam
kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Al- Muttaqin Suhaid
adalah, pertama faktor pendukungnya adalah kerja sama guru, bakat
siswa, sarana dan prasarana sekolah serta dukungan orang tua dan
kedua faktor penghambat adalah keterbatasan waktu dari guru yang
membuat internalisasi kegiatan tidak terlaksana dengan baik. |
en_US |