STRATEGI GURU DALAM MEMBUDAYAKAN KARAKTER CINTA AL-QUR’AN PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KAHFI SANGGAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ibrahim, Ibrahim
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.author Soleh, Muhammad
dc.date.accessioned 2023-09-15T06:51:33Z
dc.date.available 2023-09-15T06:51:33Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3702
dc.description.abstract Karakter cinta Al-Qur’an merupakan sebuah sikap moral menjalankan perintah dan anjuran yang ada dalam Al-Qur’an dan menjauhi dan meninggalkan larangan-larangan yang ada di dalam Al Qur’an, menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam berkehidupan serta akan mengajak orang lain untuk mencintai Al-Qur’an dengan cara mengikuti serta menjalankan ajarannya dalam kehidupan sehari hari dan mengajarkannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam membudayakan karakter cinta Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Kahfi Sanggau. Karena menurut penulis ini menarik karena sampai saat ini hanya SDIT Al-Kahfi Sanggau yang menyelenggarakan pembudayaan karakter cinta Al-Qur’an kepada siswa-siswinya. Menemukan langkah-langkah Guru SDIT Al-Kahfi Sanggau dalam membudayakan karakter cinta Al-Qur’an karena keterampilan guru dalam melakukan pengajaran dan bimbingan ke siswa sangat mempengaruhi keberhasilan guru dalam membudayakan karakter cinta Al-Qur’an, serta mengetahui faktor penghambat serta faktor pendukung demi kelancaran proses pembimbingan kepada siswa SDIT Al-Kahfi Sanggau.Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data utama diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan melakukan triagulasi data. Penelitian ini menghasilkan: 1, Strategi Guru Dalam Membudayakan Karakter Cinta Al-Qur’an terdiri dari Persiapan, Pemetaan siswa, Pengaturan Kelas,dan penyediaan Administrasi Pembelajaran. 2. Langkah yang dilakukan guru menggunakan tahapan Pembukaan, pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutupan. 3. Evaluasi strategi yang dilakukan guru dengan mengumpulkan guru Al-Qur’an. 4. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Guru terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.title STRATEGI GURU DALAM MEMBUDAYAKAN KARAKTER CINTA AL-QUR’AN PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KAHFI SANGGAU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account